Gagal Dievakuasi ke Tengah Laut, Paus Sperma Mati di Pesisir Banyuwangi

Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:57 WIB
loading...
Gagal Dievakuasi ke Tengah Laut, Paus Sperma Mati di Pesisir Banyuwangi
Paus sperma yang terdampar di perairan Banyuwangi, Jatim gagal dievakuasi ke tengah laut dan akhirnya mati. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
BANYUWANGI - Paus sperma yang terdampar di pesisir pantai Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi , Jatim akhirnya mati usai gagal dievakuasi menuju tengah laut.

Gagal Dievakuasi ke Tengah Laut, Paus Sperma Mati di Pesisir Banyuwangi


Paus sepanjang 10 meter ini mati pada Senin malam (1/8/2022) sekitar pukul 19.30 WIB. Hal ini setelah sejumlah upaya penyelamatan mamalia laut raksasa itu gagal.

Baca juga: Sadis, Makanan Favorit Megalodon Ternyata Bagian Wajah Paus Sperma

Berat paus sperma dan kondisi laut yang tengah surut menjadi halangan petugas melakukan evakuasi. Petugas gabungan dari berbagai kini berkumpul bersiap untuk menyiapkan skenario penanganan bangkai paus tersebut.

Sesuai rencana, bangkai ikan paus ini dikuburkan di dekat area ASDP Ketapang. Namun sebelum dikubur, bangkai akan diautopsi terlebih dulu oleh Akademisi Kedokteran Hewan dari Universitas Airlangga.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengungkapkan, autopsi dialami guna memastikan penyebab paus sperma itu terdampar hingga akhirnya mati.

"Dicek dulu kematiannya karena apa. Apa karena faktor usia, apakah karena penyakit, pencernaannya, apakah ada makanan yang mengganggu," kata Ipuk saat meninjau langsung ke lokasi, pada Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Ini Kandungan Muntahan Ikan Paus Sperma, Bikin Penemunya Auto Tajir

Usai dikuburkan, ke depan rencananya tulang belulang paus yang mati akan digali kembali jika dagingnya telah terurai dengan tanah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2221 seconds (11.252#12.26)