Tertimpa Pohon Tumbang, Mobil Ini Ringsek

Selasa, 08 November 2016 - 19:42 WIB
Tertimpa Pohon Tumbang,...
Tertimpa Pohon Tumbang, Mobil Ini Ringsek
A A A
KLATEN - Hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (8/11/2016) sore. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi. Bahkan sebuah mobil ringsek parah karena tertimpa pohon tumbang di Jalan Pemuda, Kecamatan Klaten Tengah.

Informasi yang dihimpun di lapangan, mobil yang tertimpa pohon tersebut sedang parkir di tepi jalan pemuda. Mobil Honda CR-V nopol H 7706 SH warna abu-abu itu adalah milik Rohani, warga Dukuh Birin, Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan. Saat kejadian, Rohani sedang berada di dalam dealer motor yang berada di tepi Jalan Pemuda.

Lantaran berada di dalam ruangan, Rohani tidak mengetahui hujan turun sangat deras. Dia pun kaget dan langsung keluar dealer ketika mendengar alarm mobil berbunyi. "Saya datang sekitar pukul 14.00, mengurus arisan motor. Ketika datang sudah mendung tapi belum hujan. Tiba-tiba alarm mobil berbunyi, saya keluar untuk mengecek ternyata di luar hujan dan mobil sudah tertimpa pohon," kata Rohani.

Pohon setinggi lima meter dan diameter sekitar 50 cm tersebut menimpa atap kabin. Akibatnya, mobil milik Rohani rusak parah di bagian tengah. Atap mobil ringsek hingga pintu samping terbuka dan kaca pecah.

Mobil lainnya, satu unit Honda HRV warna putih nopol AB 1001 PE hampir turut menjadi korban pohon tumbang karena ranting dedaunan berada di atas mobil. Tak hanya itu, kabel listrik di sekitar pertokoan ikut tertarik dahan pohon tumbang.

Guna memperlancar proses evakuasi dan keselamatan pengendara, Satlantas Polres Klaten terpaksa menutup Jalan Pemuda, Klaten Tengah, dan dialihkan ke jalan alternatif. Proses evakuasi dilaksanakan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPU ESDM.

Kepala BPBD Klaten Bambang Giyanto mengatakan, proses evakuasi memakan waktu sekitar satu jam. Proses evakuasi menggunakan mobil hidrolik milik DPU untuk mengangkat batang pohon.

"Kemungkinan pohon tidak kuat menahan kencangnya angin. Karena setelah kami lihat akarnya hanya kecil-kecil, bukan akar tunggang yang kuat. Bisa jadi akar tidak menancap kuat, jadi begitu ada angin kencang ambruk," kata dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)