Bobol Barang di Kabin Pesawat 2 Warga China Ditangkap

Rabu, 12 Oktober 2016 - 20:05 WIB
Bobol Barang di Kabin Pesawat 2 Warga China Ditangkap
Bobol Barang di Kabin Pesawat 2 Warga China Ditangkap
A A A
BATAM - Dua Warga Negara China Zhang Zhengkun dan Zhou Xiang ditangkap otoritas keamanan Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Kedua warga China itu, merupakan penumpang Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA154 dari Jakarta dengan tujuan Batam.

Keduanya tertangkap tangan sedang membobol barang penumpang lainnya di dalam bagasi kabin pesawat. Pramugari mencurigai keduanya karena berpindah-pindah tempat duduk, dan sekitar pukul 14.10 WIB pramugari di dalam pesawat mempergoki salah satu pelaku sedang membuka tas penumpang lainnya.

Hendra salah satu penumpang pesawat yang menjadi korban mengaku tidak mengetahui kalau tasnya di dalam bagasi kabin dibuka oleh orang lain. Pasalnya pada waktu kejadian ia sedang tertidur di salam pesawat, dan untungnya memang tidak ada barang berharga, satu satu pakaian dan satu unit telepon genggam di dalam tas tersebut.

"Tidak tahu tadi, tiba-tiba dibangunin pramugari tas saya di buka sama orang," kata Hendra saat dikonfirmasi, Rabu (12/10/2016).

Namun, dia enggan melaporkan kepada Kepolisian karena menurutnya barang-barang yang dibawanya tidak ada yang hilang. Dia mengaku saat mendarat dari pesawat hanya dimintai keterangan kepada petugas bandara, dan Kepolisan Sektor Bandara Hang Nadim Batam.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian menegaskan bahwa pihaknya akan tetap memproses kedua pelaku tersebut.

Ada laporan atau tidak dari korban, menurutnya pihaknya tetap berhak melakukan periksaan lebih lanjut. Karena ada tertangkap tangan oleh pramugari.

"Tetap akan kita periksa lebih lanjut, karena dugaan kami mereka adalah bagian dari sindikat," kata Sam.
Sam mengaku hasil pemeriksaan sementara keduanya tidak mempunyai tujuan yang jelas ke Batam. Kemudian dari riwayat paspor yang dimilikinya keduanya dari Turki sebelum ke Jakarta. Dan dari keterangan saksi keduanya memang tertangkap tangan akan melakukan pencurian.

Atas kejadian tersebut pihaknya juga mengimbau kepada seluruh maskapai penerbangan dan petugas yang berwewenang di Bandara Hang Nadim bisa lebih meningkatkan pengawasan kepada setiap penumpang, terlebih lagi ada tingkah lakunya yang mencurigakan.

"Pembobolan bagasi pesawat berulang kali terjadi dan ini kita harapkan semuanya bisa meningkatkan pengawasannya," katanya.

Terlebih lagi beberapa bulan kedepan akan ada penerbangan baru dari Batam ke China dan Korea. Sebab itu, menurutnya peningkatan pengawasan perlu dilakukan guna untuk antisipasi tindak pidana kejahatan dalam penerbangan pesawat

General Manager Umum Bandara Hang Nadim Suwarso mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan bahwa ada dua WNA China diamankan dalam pesawat karena akan mencuri barang penumpang lainnya. Dan ini menurutnya modus yang pertama kali berhasil diungkap.

"Modus ini baru yang pertama kali, tadi sudah kita serahkan kepada Kepolisian dan Imigrasi untuk ditindak lanjuti," kata Suwarso.

Namun hasil interogasi pihaknya, kedua pelaku masih belum mengaku bahwa melakukan pencurian. Sementara paspor keduanya menggunakan visa pelancong untuk masuk ke Indonesia, kedatangannya ke Batam menurutnya memang belum ada tujuan yang jelas.

Pihaknya juga menyatakan akan segera berkoordinasi dengan maskapai Garuda dan maskapai lainnya agar lebih waspada terhadap modus-modus baru seperti ini. Dan tentu menurutnya pihaknya akan segera mengeluarkan edaran kepada seluruh maskapai penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam. "Kita akan koordinasi dengan semua maskapai, agar kejadian seperti ini bisa dicegah," jelasnya.

Pesawat Garuda GA154 terbang dari Bandara Internasional Soekarno Hatta sekitar pukul 14.00 WIB dan tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pukul 15.50 WIB. Saat tiba kedua pelaku langsung diamankan oleh pihak keamanan di Bandara.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7161 seconds (0.1#10.140)