Dipulangkan dari Malaysia, Sembilan TKI Bawa Empat Anak

Rabu, 28 September 2016 - 18:45 WIB
Dipulangkan dari Malaysia, Sembilan TKI Bawa Empat Anak
Dipulangkan dari Malaysia, Sembilan TKI Bawa Empat Anak
A A A
DELISERDANG - Sembilan TKI bermasalah asal Manado, Medan, Batam, dipulangkan dari Malaysia. Selain orang dewasa, turut bersama juga empat anak-anak.

Rombongan TKI bermasalah ini dipulangkan dengan menggunakan pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 107 di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA).

Sebelum diterbangkan, mereka ditampung pada Tempat Penampungan Sementara (TPS) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Penang, Malaysia, selama dua bulan untuk proses keimigrasian.

Kesembilan TKI adalah Amalia (34) warga Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Mery Pompi (43) warga Manado, Sulawesi Utara, Sulina (54) warga Young Panah Hijau, Medan Marelan dan Anisa Safira (27), warga Pematang Pasir, Kabupaten Serdang Bedagai.

Selain itu ada Eva Inzi (41) warga Jalan Wahidin, Medan, Repina (35), warga Jalan Melati Karang Sari, Pematang Siantar Martoba, Susiana warga Langkat, Eva Fitria (39) dan Ainun Mardiah (56) Warga Alpaka 4, Tanjung Mulia, Medan.

Eva Fitri, salah seorang TKI mengaku berangkat ke Penang melalui seorang agen TKI. Dia dijanjikan sebagai tenaga kerja claning service dengan gaji 1.000 Ringgit Malaysia (RM) perbulan. Namun di sana dia hanya digaji 700 RM.

"Tidak sesuai perjanjian gaji makanya saya lari," ujarnya, kepada wartawan, Rabu (28/9/2016).

Sementara itu, Ainun Mardiah menerangkan, sebelumnya dia diiming-imingi kerja di kilang. Namun sesampainya di Penang, Ainun malah dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga.

Tidak hanya itu, gajipun tidak sesuai, sehingga dirinya nekat lari ke KJRI dan memohon dipulangkan. "Saya kapok kerja di Malaysia, tidak sesuai harapan. Semoga pengalaman ini menjadi pelajaran bagi saya dan TKI lainnya," jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Medan Amir Hakim Abdi Sihotang mengatakan, sembilan TKI yang dipulangkan semuanya perempuan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7198 seconds (0.1#10.140)