Polda Sumut Tangani Kasus Tewasnya Abdi Purba

Sabtu, 30 Juli 2016 - 21:32 WIB
Polda Sumut Tangani Kasus Tewasnya Abdi Purba
Polda Sumut Tangani Kasus Tewasnya Abdi Purba
A A A
KABANJAHE - Pasca-ricuh polisi dengan ratusan masyarakat Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang menewaskan satu orang warga, Jumat (29/7/2016) malam, Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol Adhi Prawoto mendadak menggelar rapat koordinasi dengan Muspida Kabupaten Karo, Sabtu (30/7/2016) di ruang rapat bupati Karo.

Dalam paparannya kepada wartawan seusai rapat, Adhi Prawoto menjelaskan bahwa kasus yang menyebabkan meninggalnya Abdi Purba, sehubungan dengan penolakan masyarakat setempat atas rencana hunian relokasi tahap II korban erupsi Sinabung di desa mereka, ditangani langsung oleh pihak Polda Sumut.

Namun dugaan kuat, tewasnya pria berumur 24 tahun itu, akibat ditembus peluru tajam personel Polres Karo, belum dijawab secara detail.

"Masih didalami dan dilidik. Kita selaku anggota Polri akan bertindak profesional. Apabila ada anggota yang bersalah, akan tetap diproses secara hukum," ujarnya singkat, tanpa merinci lebih jauh terkait pertanyaan wartawan apakah penanganan polisi atas aksi warga Desa Lingga ke Mapolres Karo sehubungan permintaan pembebasan penahanan sekitar 15 orang warga yang ditangkap polisi, sudah sesuai protap penanganan kerusuhan atau belum.

Hingga tadi sore, kepolisian masih menyatakan satu korban jiwa dan satu kritis (Ganepo Tarigan, red), serta puluhan warga Desa Lingga mengalami luka sedang dan ringan.

Sementara permintaan keluarga korban meninggal, Abdi Purba, untuk melakukan autopsi ulang di RSUP H Adam Malik Medan karena kurang yakin atas hasil autopsi RS Bhayangkara akan dipenuhi oleh pihaknya.

"TKP telah kita police line. Tim penyidik Polda Sumut dan Polres Karo akan bekerja. Tidak ada intervensi, hasil penyelidikan akan diumumkan. Kita akan transparan dalam kasus ini. Kita imbau masyarakat agar tidak terpancing atau terprovokasi. Biarkan Polda bekerja," kata Adhi Prawoto.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5844 seconds (0.1#10.140)