Bangkai Tiga Paus Dikubur di Tepi Tambak

Senin, 20 Juni 2016 - 20:30 WIB
Bangkai Tiga Paus Dikubur di Tepi Tambak
Bangkai Tiga Paus Dikubur di Tepi Tambak
A A A
PROBOLINGGO - Setelah terbengkalai selama tiga hari, bangkai tiga ekor ikan paus yang terdampar di Perairan Pantai Utara Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, akhirnya dikuburkan. Proses penguburan dilakukan secara manual oleh warga desa setempat.

Penguburan tiga bangkai paus ini berbeda dengan sebelumnya menggunakan bantuan alat berat yakni eskavator. Warga nelayan yang dibantu aparat TNI mengubur ketiga bangkai paus diselokan tambak yang tidak terpakai.

Ketiga bangkai paus diseret menggunakan mobil pikap dari tepi muara. Hal ini terpaksa dilakukan karena keterbatasan peralatan untuk mengevaluasi bangkai paus tersebut. Penguburan ini sekaligus mengakhiri masa monitoring yang dilakukan tim relawan sejak beberapa hari lalu.

Kepala Desa Pesisir, Sanemo, mengungkapkan, penguburan ini sejatinya telah direncanakan sejak bangkai paus ini ditemukan pada Sabtu pagi lalu. Namun alat berat yang dijanjikan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Probolinggo tidak kunjung tiba di lokasi.

"Kami sudah berencana mengubur bangkai paus. Karena dijanjikan alat berat, kami terus menunggu hingga tiga hari dan kami diputuskan untuk dikubur sendiri," kata Sanemo.

Menurutnya, lambannya penguburan ini telah menimbulkan bau busuk yang menyengat. Warga bahkan mengkhawatirkan timbulnya virus dan bakteri yang menyebar dari bangkai paus. Bangkai paus itu bahkan telah mencemari perairan dan tambak nelayan.

Penguburan tiga bangkai ini sekaligus mengakhiri masa monitoring yang dilakukan tim relawan gabungan dari Balai Pengawasan Sumberdaya Pesisir Laut (BPSPL) Denpasar, Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya.

Suwardi, staf BPSPL menyatakan, dalam penyisiran selama dua hari terakhir, tim relawan tidak menemukan lagi paus pilot di perairan Selat Madura, baik dalam kondisi hidup ataupun mati. Tim relawan juga tidak menemukan paus yang terdampar di kawasan hutan Bakau.

Dari 32 ekor ikan paus yang terdeteksi terdampar pada Rabu lalu, terdapat 15 ekor yang mati. Sementara 17 ekor paus lain yang berhasil dievakuasi dari bibir pantai, saat ini diperkirakan telah kembali ke perairan laut dalam.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7272 seconds (0.1#10.140)