Pendaki Swiss Hilang di Gunung Semeru

Rabu, 08 Juni 2016 - 21:46 WIB
Pendaki Swiss Hilang di Gunung Semeru
Pendaki Swiss Hilang di Gunung Semeru
A A A
MALANG - Lionel Du Creaux (26) pendaki asal Swiss dilaporkan hilang saat mendaki ke Gunung Semeru. Warga Swiss tersebut naik gunung tertinggi di Pulau Jawa ini secara ilegal dan kini otoritas setempat masih melakukan pencarian terhadap Lionel Du Creaux

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, John Kennedie menginformasikan, kronologi kejadian berawal dari pelapor bernama Alice Guignard yang merupakan kawan survivor.

Pada Jumat 3 Juni 2016, Leonil Du Creaux (Swiss) dan Alice Guignard (Perancis) berangkat dari Malang, dan masuk ke Desa Ranupani pukul 07.00 WIB.

"Mereka langsung menuju lokasi pendakian tanpa ada pemberitahuan atau melapor ke pos dan tanpa register," kata Kepala BB TNBTS, John Kennedie, Rabu (8/5/2016) malam.

Selanjutnya, pada pukul 10.22 WIB mereka tiba di Ranu Kumbolo dan melanjutkan perjalanan ke Kalimati dan posisi di Kalimati pukul 11.55 WIB.

Mereka lalu mendaki ke puncak sampai di daerah Watu Gede jam 14.01 WIB. Pada jam 17.47 WIB, Alice tidak melanjutkan ke puncak karena tidak kuat, namun Leonil tetap melanjutkan ke puncak.

Selanjutnya Alice memutuskan kembali ke Kalimati, tetapi karena tidak tahu jalan Alice tersesat tidak melalui jalur track sebelumnya, menuju punggungan bukit arah ke kiri arah Arcopodo. Di lokasi Alice bertahan dan menunggu selama 2 hari.

Pada Senin 6 Juni, Alice ditemukan oleh Heri Sumantri dari tim Haspala Malang yang sedang mengantar tamu pada jam 22.00 WIB karena mendengar teriakan-teriakan minta tolong.

Selanjutnya Alice dibawa turun dan pada Selasa sore, 7 Juni 2016 melaporkan resmi kepada petugas Resort Ranu Pani.

Pada Rabu pagi (8/6/2016) telah diberangkatkan tim advance sebanyak 20 orang (porter, saver, gimbal alas, dan potensi SAR lainnya) untuk melakukan SAR awal di titik-titik yang diidentifikasi menjadi lokasi hilangnya survivor.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3318 seconds (0.1#10.140)