55 Napi Banceuy Dipindah ke Cirebon

Rabu, 27 April 2016 - 21:16 WIB
55 Napi Banceuy Dipindah ke Cirebon
55 Napi Banceuy Dipindah ke Cirebon
A A A
CIREBON - 55 Napi pindahan dari Lapas Banceuy, Bandung tiba di Lapas Klas 1 Cirebon, Kesambi, Kota Cirebon, dengan pengawalan ketat aparat.

Pemindahan para napi menggunakan dua unit bus tiba di halaman depan Lapas Klas 1 Cirebon. Masing-masing bus dikawal 12 personil Brimob.

Mengenakan borgol berantai antara napi satu dengan lainnya, mereka masuk melalui pintu utama Lapas. Proses pemindahan pun dijaga ketat aparat Brimob bersama petugas Lapas.

Kepala Lapas Klas 1 Cirebon Taufiqurrahman menyatakan, pemindahan para napi didahului proses administrasi. Mereka selanjutnya ditempatkan di blok masa pengenalan lingkungan (mapeling). "Mereka akan masuk blok mapeling selama 30 hari," katanya.

Lapas Klas 1 Cirebon, jelasnya, memiliki dua blok mapeling berdaya tampung 20 orang. Sebelum kedatangan narapidana pindahan dari Lapas Banceuy, penghuni Lapas Klas 1 Cirebon sudah mencapai 703 orang.

Dia mengakui, jumlah itu sudah melebihi daya tampung 555 narapidana. Meski dia mengakui kondisi sekarang berarti lapas telah overload, pihaknya masih bisa menampung tambahan napi dari Lapas Banceuy.

Dia menyebutkan, pihaknya telah siap menerima pemindahan itu. Untuk ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Cirebon Kota untuk pengamanan di Lapas.

"Tak ada antisipasi khusus yang dilakukan. Dan kita menerima mereka sebagaimana menerima napi baru seperti biasa," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9773 seconds (0.1#10.140)