Peringatan Nyepi, Bali Seperti Pulau Tidak Berpenghuni

Rabu, 09 Maret 2016 - 19:06 WIB
Peringatan Nyepi, Bali Seperti Pulau Tidak Berpenghuni
Peringatan Nyepi, Bali Seperti Pulau Tidak Berpenghuni
A A A
TUBAN - Peringatan Hari Nyepi di Bali berlangsung sangat hikmat. Pulau yang biasanya ramai dengan turis asing dan lokal yang berlalu lalang, kini terlihat sepi seperti tidak berpenghuni.

Bali yang dikenal dengan keindahan pantainya ini tidak ada satu pun penerangan yang nyala. Hampir disemua sudut Pulau Dewata gelap gulita, seperti tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Jalan-jalan utama di Bali yang bila hari normal dipenuhi lampu gemerlap, apalagi di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, kini benar-benar gelap dan senyap. Situasi itu menyusul upacara Catur Brata.

Upacara Catur Brata Penyepian yang dilakukan umat Hindu ini yaitu Amati Amati geni (tidak menyalakan api termasuk memasak), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak mencari hiburan).

Perayaan Nyepi akan berakhir pada Kamis 10 Maret 2016, pukul 06.00 Wita, di mana semua orang boleh beraktivitas kembali.

Pemandangan serupa terjadi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Suluruh kawasan bandara saat ini gelap gulita, tidak ada cahaya lampu sama sekali.

Para petugas bandara yang ingin ke toliet pun terpaksa harus memakai senter, karena tidak ada yang kelihatan. Hanya ada suara mesin yang menderu-deru, dan terdengar suara HT milik seorang satpam bandara.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3182 seconds (0.1#10.140)