Pasangan Sehat Menangi Pilkada Kota Pasuruan

Kamis, 10 Desember 2015 - 08:52 WIB
Pasangan Sehat Menangi Pilkada Kota Pasuruan
Pasangan Sehat Menangi Pilkada Kota Pasuruan
A A A
PASURUAN - Kekuasan dinasti politik Hasani akhirnya tumbang setelah lima tahun memerintah di Kota Pasuruan. Pertarungan sengit pada pemilihan wali kota dimenangi mantan sekutunya, Setiyono dengan selisih suara sekitar 13 persen.

Pasangan Setiyono-Raharto Teno Prasetyo (SEHat) berdasarkan penghitungan real count tim pemenangannya, memperoleh 55,79 persen. Cawali Hasani-Moch Yasin (Berhasil) mengantongi 42,74 persen. Sedangkan calon independen Yus Samsul Hadi Subakir-Agus Wibowo (Iya) hanya memperoleh 1,53 persen.

Cawali petahana Hasani yang di atas kertas memenangi pilkada pada detik-detik akhir mengalami penurunan suara. Gerilya politik tim pemenangan mantan wakil wali kota, Setiyono berhasil mengoyak pertahanan kantong suara Hasani.

"Berdasar data real count yang sudah masuk 90 persen, perolehan suara sudah tidak mungkin berubah. Dengan penuh kesadaran, kami mengumumkan kemenangan pasangan calon SEHat dalam Pilwali Kota Pasuruan," kata M Misbakhun, koordinator tim pemenangan cawali SEHat.

Dia mengatakan, kemenangan yang diraih koalisi Partai Golkar, PDIP, Gerindra, PAN, PPP, Demokrat, dan Partai Perindo, merupakan kemenangan masyarakat Kota Pasuruan. Semangat perubahan yang diusung koalisi partai telah bersemi di Kota Pasuruan.

"Semangat perubahan telah dieksekusi masyarakat. Ini merupakan hari bersejarah bagi masyarakat untuk mengakhiri politik dinasti yang berkuasa di Kota Pasuruan," tandas Misbakhun yang juga anggota FPG DPR RI.

Karena itu, lanjutnya, kemenangan pasangan SEHat ini harus ditindaklanjuti dengan mewujudkan janji-janji kepada masyarakat, sehingga semangat perubahan yang didengungkan dapat membawa manfaat dan berpihak pada kepentingan masyarakat.

Cawali terpilih, Setiyono mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan masyarakat dan alim ulama kepadanya. Ia berkomitmen mewujudkan harapan membawa Kota Pasuruan menjadi lebih baik dan maju.

"Kemenangan ini adalah milik masyarakat. Saya mengajak dua pasangan calon wali kota dan para pendukungnya untuk bersama-sama membangun Kota Pasuruan, sehingga Kota Pasuruan menjadi lebih baik lagi pada waktu yang akan datang," kata Setiyono.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kota Pasuruan Ismail Marzuki mengakui keunggulan rival politiknya. Sesuai data penghitungan tim pemenangan pasangan calon Berhasil, selisih perolehan suara yang dikantonginya berkisar 7-8 persen.

"Kami masih ketinggalan 7-8 persen dalam perolehan suara. Kami telah berusaha maksimal untuk meraih dukungan masyarakat. Tetapi kami masih akan menunggu hasil akhir perhitungan resmi di KPU Kota Pasuruan," kata Ismail Marzuki.

Menurutnya, hasil akhir pilkada yang diperkirakan dimenangkan pasangan SEHat merupakan pilihan dan keputusan masyarakat dalam menentukan pemimpinnya. Ia meyakini, hanya takdir Tuhan yang bisa mengubah nasib manusia dalam meraih tujuannya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6865 seconds (0.1#10.140)