Kerugian Kebakaran Pasar Cikajang Rp2 Miliar

Rabu, 25 November 2015 - 22:03 WIB
Kerugian Kebakaran Pasar Cikajang Rp2 Miliar
Kerugian Kebakaran Pasar Cikajang Rp2 Miliar
A A A
GARUT - Kerugian akibat kebakaran di Pasar Cikajang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Selasa (24/11/2015) malam ditaksir mencapai miliaran rupiah. Jumlah kios yang hangus di peristiwa itu mencapai 81 unit.

"Kerugian diperkirakan mencapai Rp2 miliar. Sebanyak 81 kios hangus terbakar, sementara 30 unit kios lainnya terpaksa dirobohkan untuk menghindari meluasnya kobaran api," kata Kapolsek Cikajang AKP Cecep Bambang, Rabu (25/11/2015).

Menurut Cecep, besaran kerugian sebanyak itu didasarkan atas total antara nilai barang dengan bangunan. Pihaknya bersama instansi terkait masih melakukan verifikasi dan pendataan ulang.

"Kami juga sedang menentukan, apakah ini bencana atau kebakaran biasa. Makanya harus diteliti kembali," ujarnya.

Kebakaran diduga akibat korsleting arus listrik pada salah satu kios sekitar pukul 18.00 WIB. Percikan api kemudian merambat ke sejumlah barang mudah terbakar di beberapa kios lainnya.

"Sejak siang hingga sore hari hujan deras mengguyur wilayah Cikajang. Kemungkinan ada kabel yang basah, sehingga saat listrik dinyalakan terjadi korslet itu," ujarnya.

Upaya pemadaman dilakukan dengan menyekat api melalui cara merobohkan dinding kios yang bersebelahan. Langkah ini dilakukan agar kobaran tidak meluas ke kios lain.

Api berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian, yaitu pukul 20.30 WIB.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6282 seconds (0.1#10.140)