Aksi Pekerja Tambang Galian C Ricuh, Anggota LSM Nyaris Dikeroyok

Senin, 16 November 2015 - 14:06 WIB
Aksi Pekerja Tambang Galian C Ricuh, Anggota LSM Nyaris Dikeroyok
Aksi Pekerja Tambang Galian C Ricuh, Anggota LSM Nyaris Dikeroyok
A A A
NGAWI - Kericuhan mewarnai aksi demo ratusan pekerja tambang galian c di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kericuhan terjadi saat salah seorang LSM dianggap berseberangan dengan tujuan aksi para pendemo.

Seorang anggota LSM yang berada di tengah pendemo hampir menjadi bulan-bulanan ketika pernyataannya dianggap berseberangan dengan tujuan aksi. Tindak penganiayaan dan saling kejar hampir terjadi sebelum polisi mengamankan dan meredam pendemo lainya.

Peristiwa itu terjadi ketika ratusan orang pekerja tambang galian c Kabupaten Ngawi menggelar aksi unjuk rasa menyusul penutupan tambang galian c oleh pemkab setempat. Aksi digelar di Gedung DPRD Ngawi dan Kantor Bupati Ngawi yang jaraknya berdekatan, Senin (16/11/2015) ini.

Menurut penambang, aktivitas tambang sangat diperlukan oleh para pekerja untuk memasok galian c yang diperuntukkan bagi proyek Jalan Tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

Aktivitas penambangan terganjal oleh SK Pj Bupati Ngawi yang menyatakan menutup seluruh lahan galian di wilayah Ngawi sebelum mendapat izin dari Provinsi Jawa Timur.

Menurut salah seorang perwakilan pengunjuk rasa, mereka menuntut agar selama proses mendapatkan izin penambangan dari Provinsi Jawa Timur, SK penutupan areal penambangan dicabut agar aktivitas penambangan dapat terus berjalan karena menjadi tumpuan penghidupan mereka.

"Kami menuntut agar SK Pj Bupati tentang pertambangan galian c dicabut agar aktivitas penambangan kembali dilakukan," ujar Anton, salah seorang penambang.

Dari hasil negosiasi antara perwakilan pendemo dan Pj Bupati Ngawi yang difasilitasi ketua DPRD setempat, diperoleh kesepakatan mereka akan menanyakan keputusan dari Provinsi Jawa Timur tiga hari mendatang sacara bersama-sama.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5071 seconds (0.1#10.140)