Lahar Dingin Sinabung Merusak Rumah dan Masjid

Senin, 05 Oktober 2015 - 11:52 WIB
Lahar Dingin Sinabung Merusak Rumah dan Masjid
Lahar Dingin Sinabung Merusak Rumah dan Masjid
A A A
KABANJAHE - Hujan deras di kawasan lingkar Gunung Api Sinabung, Minggu (4/10/2015) malam mengakibatkan sejumlah rumah warga di Desa Sigarang-garang, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tergerus aliran lahar dingin (lahar hujan, red).

Pengamatan KORAN SINDO MEDAN, Senin (5/10/2015) tampak jalur laharan dengan kedalaman sekitar 2 meter (m) telah jebol, akibat besarnya volume lahar dingin.

"Sebenarnya jalur lahar dingin ini tidak langsung mengarah ke desa. Namun akibat hujan deras kemarin, parit (jalur laharan) tidak mampu menahan hingga akhirnya jebol dan masuk ke rumah-rumah warga," ungkap Pejabat Kepala Desa Sigarang-garang Bahteria Sembiring.

Dia menambahkan, satu unit rumah warga milik Jusianta Pandia hanyut tersapu aliran lahar dingin. Sementara sejumlah rumah lainnya mengalami kerusakan cukup parah.

Rumah-rumah penduduk tersebut yakni milik Tulis Pandia, Petrus Sanjaya, Karia Tarigan, Modal br Tarigan, Dasarna br Surbakti, dan Rifin Bangun.

Selain itu, sebuah masjid di desa tersebut yakni Masjid Al-Ikhlas juga mengalami kerusakan akibat hantaman lahar dingin.

Camat Naman Teran Kasman Sembiring yang juga ditemui di lokasi aliran lahar dingin mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo untuk menanggulangi pemasalahan tersebut.

"Kita sudah koordinasikan dengan Dinas PU. Kemungkinan akan dibuat jalur baru untuk aliran lahar dingin, sehingga ke depannya tidak terjadi lagi hal seperti ini," kata Kasman.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5790 seconds (0.1#10.140)