Empat Ribu Lebih Warga Riau Terserang ISPA

Sabtu, 03 Oktober 2015 - 16:17 WIB
Empat Ribu Lebih Warga Riau Terserang ISPA
Empat Ribu Lebih Warga Riau Terserang ISPA
A A A
PEKANBARU - Tidak kunjung berakhirnya bencana kabut asap di Riau membuat penderita penyakit ISPA semakin melonjak di Bumi Lancang Kuning tersebut.

Berdasakan data dari Dinas Kesehatan Riau, sebanyak 54.135 warga Riau menderita penyakit paparan asap. Penyakit paling banyak adalah ISPA yakni 44.960 orang. Kemudian iritasi mata 2.753, Asma 2.064,Pnemumonia 769 dan panykit lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Andra Sjafril menyatakan bahwa jumlah penderita karena paparan asap menyebar di 12 kabupaten dan kota. Terbanyak adalah di Kota Pekanbaru.

"Untuk lebih menekan angka penderita ISPA, kita siapkan puskesmas keliling. Kemudian ada juga posko penanggulangan panyakit akibat asap. Kita berharap tidak hanya pemerintah, pihak perusahaan juga harus berpartisipasi melakukan penanganan penyakit ISPA," ucapnya, Sabtu (3/10/2015).

Selain pemerintah sejumlah pihak swasta juga melakukan penanganan penderita ISPA. PT Pusaka Megah Bumi Nusantara (PT.PMBN) yang berada di Kabupaten Pelalawan, Riau melakukan pengobatan gratis ISPA untuk masyarakat.

Menurut Manager PT. PMBN, Parlindungan Pardosi pihaknya melakukan pengobatan gratis terhadap ratusan warga penderita ISPA di Desa Rantau Baru, Pangkalan Kerinci.

"Sebelumnya kami melakukan pengobatan gratis di Desa Bandar Sikijang, kali ini kami lakukan di Desa Rantau Baru. Hal ini semata-mata agar semakin luas jangkauan pengobatan gratis yang dapat kami berikan bagi warga yang terkena ISPA," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1055 seconds (0.1#10.140)