Hutan Gunung Lokon Terbakar

Rabu, 23 September 2015 - 20:11 WIB
Hutan Gunung Lokon Terbakar
Hutan Gunung Lokon Terbakar
A A A
TOMOHON - Hampir separuh bagian Gunung Lokon di Sulawesi Utara, terbakar. Api membakar bagian timur Gunung Lokon yaitu wilayah Kelurahan Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara.

Kejadian kebakaran tersebut terpantau mulai terjadi Rabu (23/9/2015) sekira pukul 17.00 Wita. Kepulan asap terlihat membumbung dari bagian bawah lereng gunung api tersebut. Api cepat menjalar karena hanya sekira satu jam api telah membentang dari kaki sampai puncak gunung.

Saat itu bentangan areal yang terbakar diperkirakan mencapai lebih dari satu kilometer dengan lebar sekira 500 meter. Api terlihat sangat besar karena dari jarak beberapa kilometer bisa nampak kobaran api.

Sekira pukul 17.30 Wita terlihat petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan anggota TNI dari Koramil Tomohon bergerak menuju lokasi kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan dan beberapa kali melintas di jalan utama.

Kepala BPBD Kota Tomohon Robby Kalangi mengatakan, pihaknya kewalahan mengatasi kebakaran tersebut. Dia mengatakan, bagian gunung yang terbakar adalah wilayah yang ditumbuhi semak yang telah mengering. Api sangat cepat menjalar dan sulit dikendalikan.

"Puluhan petugas dibantu warga berupaya mengisolir api yang menjalar ke arah kaki gunung. Kami tidak mungkin langsung mengisolasi api pada bagian lereng dan puncak gunung karena wilayah yang terbakar sangat luas," ujarnya.

Petugas berusaha membuat parit pada bagian kaki gunung supaya api tidak terus menyebar. Sampai berita ini ditulis, api masih terus membakar lereng Gunung Lokon dan terus membesar. Dikhawatirkan api terus menjalar sampai ke bagian hutan lindung yang berada di sisi selatan Gunung Lokon.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4939 seconds (0.1#10.140)