Ini Penampakan Mahkota Sultan Banten

Sabtu, 12 September 2015 - 18:30 WIB
Ini Penampakan Mahkota Sultan Banten
Ini Penampakan Mahkota Sultan Banten
A A A
SERANG - Replika mahkota yang digunakan Sultan Maulana Hasanudin, Sultan Muhammad Rafiudin dan Sultan Ageng Tirtayasa dipamerkan di Gedung Pendopo Lama Gubernur Banten.

Mahkota terbuat dari emas berhiaskan motif dedaunan dan sulur yang terbuka, dilengkapi dengan batu permata dan lapisan halus sebagai dekorasi di atasnya sangatlah indah.

"Kita pamerkan kebanggaan daerah ini (Banten), agar masyarakat terutama anak anak mengetahui benda-benda peninggalan Sultan Banten, walapun bukan asli mahkotanya (replika), tapi tetap sama," kata Kepala Museum Nasional, Intan Mardiana, yang ditemui di Gedung Pendopo Lama Gubernur Banten, Sabtu (12/09/2015).

Dia menjelaskan, selain replika Mahkota Kesultanan Banten yang dipamerkan, benda bersejarah lainnya pun diboyong oleh Museum Nasional, seperti uang tempo dulu, buku sejarah Bank Banten, Golok Ciomas, Keris Pusaka Kesultanan Banten, hingga kerangka badak bercula satu milik Pemprov Banten pun dipajang di gedung peninggalan Belanda tersebut.

"Indonesia punya banyak kebudayaan, musum tempat belajar. Kita berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa agar anak muda tahu dan mau datang ke museum, sehingga mengenal dan mengapresiakan museum nasional sebagai pembelajaran sejarah," jelasnya.

Pihaknya pun akan terus memperkenalkan sejarah terutama pelajar dengan program museum keliling tersebut, dan tahun depan Museum Nasional akan membawa benda-benda bersejarah lainnya dari museum nasional yang berjumlah 142.000 ke Banten untuk bisa dilihat oleh masyarakat Banten.

"Akan kami lanjutkan dan membawa yang lebih banyak lagi. Kita pilih bawa barang daerah temuan itu sendiri, sehingga dapat mewujudkan kebanggan terhadap kebudayaan nasional terutama daerahnya," pungkasnya
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4750 seconds (0.1#10.140)