Kebakaran Sudirman Grand Ballroom, 19 Mobil Pemadam Diterjunkan

Kamis, 10 September 2015 - 14:39 WIB
Kebakaran Sudirman Grand...
Kebakaran Sudirman Grand Ballroom, 19 Mobil Pemadam Diterjunkan
A A A
BANDUNG - Setelah dua jam berjibaku melawan api, petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil‎ memadamkan api yang menghanguskan Sudirman Grand Ballroom, di Jalan Sudirman, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Dalam pemadaman tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung mendapat bantuan dari pemadam Bandung Raya yang berasal dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung.

"Total semua 19 unit mobil pemadam gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pemadaman," kata Kadiskar Kota Bandung Ferdy Ligaswara‎, disela-sela pemadaman, Kamis (10/9/2015).

Menurutnya, pihak pemadam Kota Bandung mendapat tambahan kekuatan dari pemadam Bandung Raya lantaran api awalnya sangat besar. Selain itu, banyaknya material yang mudah terbakar juga membuat api semakin cepat menjalar.

"Kami tadi juga sempat khawatir untuk bagian basement, karena di situ terdapat instalasi gas dan beberapa tabung gas yang mudah terbakar," tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak pemadam terlebih dulu memfokuskan pada pendinginan basement. "Walau pun tidak terbakar, tapi suhu panas akibat api bisa memicu gas mudah terbakar," ungkap Ferdy.

Saat ini, petugas masih berupaya mengeluarkan suhu panas dari bagian basement gedung. Selain itu, petugas juga masih berusaha melakukan isolasi dan penyekatan agar api tak menjalar ke pemukiman padat penduduk di belakang gedung.

Pantauan di lokasi, hingga pukul 13.45 WIB, petugas masih berupaya melakukan pendinginan terhadap titik-titik yang dikhawatirkan kembali menimbulkan api. Di sisi lain petugas dari PMI Kota Bandung bersiaga di depan gedung.

Sementara itu, ratusan pekerja Sudirman Grand Ballroom terlihat duduk-duduk di sekitar gedung menyaksikan pemadaman api. Rencananya, usai api padam para pekerja akan langsung membersihkan puing-puing bekas kebakaran.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0814 seconds (0.1#10.140)