Pencarian Penyelam Asing yang Hilang di Berau Diperluas

Minggu, 23 Agustus 2015 - 02:06 WIB
Pencarian Penyelam Asing...
Pencarian Penyelam Asing yang Hilang di Berau Diperluas
A A A
BERAU - Sepekan setelah dinyatakan hilang saat menyelam di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), empat penyelam asing hingga kini belum ditemukan.

Tim pencari kini mulai memperluas areal pencarian. Tak hanya di sekitar Kepulauan Derawan, namun mulai ke daerah lain dan melibatkan otoritas penjaga pantai lainnya.

"Kita mulai memperluas pencarian. Untuk wilayah selatan, kita meminta bantuan otoritas setempat yakni di Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang," kata Dandim Berau Letkol Inf Ahmad Hadi Al-Jufri yang ditunjuk menjadi Incident Commander (IC), Sabtu (22/8/2015).

Tim pencarian yang berada di Kepulauan Derawan juga memperluas pencarian hingga ke arah utara, memasuki Provinsi Kalimantan Utara. Perluasan pencarian ini untuk mengantisipasi korban yang hanyut dibawa arus laut.

"Untuk ke arah Laut Sulawesi, kita juga sudah berkoordinasi dengan otoritas di Sulawesi untuk membantu menginformasikan jika melihat tanda-tanda keberadaan korban," tambahnya.

Proses pencarian juga melibatkan masyarakat setempat. Masyarakat turut mengerahkan kapal milik mereka. Tak hanya kapal nelayan, kapal-kapal milik masyarakat yang selama ini disewakan untuk wisatawan mengelilingi Kepulauan Derawan juga ikut mencari.

"Secara khusus kami apresiasi bantuan masyarakat ini. Peran masyarakat cukup besar membantu kami melakukan pencarian," kata Ahmad Hadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat orang asing tak muncul kembali ke permukaan air setelah menyelam di salah satu titik penyelaman di Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan pada Sabtu, 15 Agustus 2015. Pemandu selam mereka ditemukan selamat meski dengan kondisi lemas, tak lama berselang setelah keempatnya dinyatakan hilang.

Keempat turis asing itu adalah Michela (33), Daniele (36), Alberto (36), ketiganya berkebangsaan Italia, dan Vana Chris R (28) warga negara Belgia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)