Santri Keracunan karena Gunakan Pembasmi Hama Tembakau

Senin, 17 Agustus 2015 - 17:02 WIB
Santri Keracunan karena Gunakan Pembasmi Hama Tembakau
Santri Keracunan karena Gunakan Pembasmi Hama Tembakau
A A A
PAMEKASAN - Dokter Rumah Sakit (RS) Paru Pamekasan, Jawa Timur sudah melakukan pemeriksaan terhadap santri Pondok Pesantren An-Nasyiin Desa Grujugan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, yang mengalami keracunan.

Menurut dr. Aprilia Romdiana, dokter jaga unit gawat darurat (UGD) RS Paru Pamekasan, penyebab keracunan karena santri putri menggunakan obat pembasmi tembakau untuk menghilangkan kutu yang ada di rambut.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap pasien, yang kita tahu adalah obat pembasmi hama namanya Lannate, saya belum mengklafikasikan apakah organ fosfat atau klorin," terang Aprilia, Senin (17/8/2015).

Menurutnya, penyebab keracunan bukan karena terminum atau termakan oleh korban. Namun terhirup melalui inhalasi. Akibatnya, lima orang dari sembilan orang yang dirawat di RS Paru harus menjalani rawat inap satu sampai tiga hari.

"Kalau yang lain yang tidak mengeluhkan mual dan muntah, bisa minum dan makan kita pulangkan," sambungnya.

Gejala yang dialami oleh pasien adalah pusing, mual, dan muntah akibat rangsangan dari saraf. Namun, dari hasil pemeriksaan, paru-paru dari sembilan pasien yang dirawat di RS Paru Pamekasan masih berfungsi dengan normal tanpa terkontaminasi racun.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)