5,4 Kg Sabu-sabu Ditemukan di Tepi Jalan

Selasa, 28 Juli 2015 - 09:17 WIB
5,4 Kg Sabu-sabu Ditemukan di Tepi Jalan
5,4 Kg Sabu-sabu Ditemukan di Tepi Jalan
A A A
PURWAKARTA - Anggota TNI Kodim 0619 Purwakarta menemukan sabusabu seberat 5,4 Kg di tepi Jalan Raya Cinangka, Desa Cinangka, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, tak jauh dari pintu Tol Cikopo.

Barang haram yang diduga milik sindikat narkoba internasional itu diperkirakan bernilai Rp9 miliar. Paket sabu-sabu seberat 5,4 kg tersebut ditemukan saat anggota Babinsa Kodim 0619 Purwakarta, dirahasiakan namanya, sedang melakukan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran pada Kamis 23 Juli 2015 lalu. Ketika patroli keliling di Jalan Cinangka dan mengecek keamanan di kawasan industri Kota Bukit Indah di Jalan Raya Cinangka, Desa Cinangka, anggota TNI itu melihat bungkusan plastik warna hitam di pinggir jalan.

Saat dilihat, ternyata kantong plastik itu berisi serbuk putih mirip tepung. Karena penasaran, anggota Babinsa tadi lalu mengamankan benda mencurigakan tersebut ke kantor Kodim 0619 Purwakarata. Saat di kantor Kodim, barulah diketahui, serbuk putih mirip tepung itu ternyata narkoba jenis sabu-sabu kualitas tinggi.

“Diduga barang haram itu milik sindikat pengedar narkoba yang akan diedarkan di wilayah Jawa Barat, terutama Purwakarta, Karawang, dan Subang,” kata Dandim 0619 Letnan Kolonel Infanteri Musa Haris saat penyerahan barang bukti sabu-sabu ke Satnarkoba Polres Purwakarta, Jalan Veteran, Purwakarta, kemarin. Sebelum diserahkan ke Polres Purwakarta, ujar dia, sabu-sabu seberat 5,4 kg tersebut sempat dibawa ke Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi untuk dilaporkan kepada Pam dam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim dan Danden Intel Kodam.

“Karena penemuan narkoba ini di wilayah hukum Polres Purwakarta, maka kami bawa lagi ke sini untuk di se rah kan,” ujar dia. Musa mengemukakan, pihaknya sengaja merahasiakan nama anggota yang menemukan sabu-sabu tersebut demi keamanan. Bahkan hingga kini rumah keluarga anggota TNI itu juga dijaga ketat aparat bersen1x jata lengkap. Sementara itu, Wakapolres Purwakarta Kompol Indra Gunawan mengatakan, telah memeriksa benda mirip tepung itu melalui serangkaian tes.

“Hasilnya positif jenis sabusabu ka rena mengandung amfetamin. Jika diuangkan sabu seberat 5,4 kilogram itu senilai Rp 9 miliar,” kata Indra. Dia mengungkapkan, pihaknya akan membentuk tim un tuk melakukan penyelidi kan dan mengetahui pemilik sabusabu kualitas tinggi seberat 5,4 kilogram tersebut.

“Ini jadi perhatian khusus aparat baik TNI maupun Polri. Kita bisa lihat sen diri ba rang nya begitu banyak, luar biasa. Temuan ini bisa yang terbesar di wilayah Jawa Barat,” tutur dia.

Didin jalaludin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6319 seconds (0.1#10.140)