Save Tanah Karo Prakarsai Forum Komunikasi Sinabung

Sabtu, 25 Juli 2015 - 23:59 WIB
Save Tanah Karo Prakarsai Forum Komunikasi Sinabung
Save Tanah Karo Prakarsai Forum Komunikasi Sinabung
A A A
KARO - Gunung Sinabung lima tahun ke depan diprediksi masih akan terus beraktivitas. Hal ini berdasarkan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Untuk itu, penanganan Sinabung harus dilakukan secara berkesinambungan selama lima tahun ke depan.

Mempermudah penanganan Sinabung maka perlu dilakukan diskusi dan pembentukan lembaga yang mengikutsertakan pemerintah relawan yang selama ini menangani bencana Sinabung dan pengungsi sendiri.

Keluarga Besar Karo Institut Teknologi Bandung (KBK ITB) dan Save Tanah Karo memprakarsai diskusi dan pembentukan lembaga penanganan bencana Sinabung di Aula Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Sumut, Sabtu (25/7/2015).

Diskusi itu dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres Tanah Karo AKBP Victor Togi Tambunan, mewakili DPRD Karo Rafi Ginting, beberapa pemimpin SKPD di lingkungan Pemkab Karo, masyarakat pengungsi dan seluruh komunitas yang berperan dalam penanganan Sinabung.

Arya Sinulingga, selaku Ketua Forum Save Tanah Karo menyatakan, bahwa forum ini dibentuk untuk dapat menerima semua informasi mengenai Sinabung. Berdasarkan semua informasi yang disampaikan, tentunya akan dapat diketahui misalnya informasi mengenai apa kebutuhan yang dibutuhkan pengungsi saat ini.

Informasi tersebut yang nantinya disampaikan kepada pemerintah pusat atau instansi terkait untuk dapat ditindaklanjuti. Selain itu, informasi soal apa saja kebutuhan pengungsi, apa yang diperlukan dalam penanganan, dan pembuatan masterplan penanganan bencana Sinabung. Seluruh sektor akan dilibatkan guna terciptanya penanganan yang tepat sasaran.

KBK ITB berupaya membantu Pemkab Karo dalam mempercepat penanganan Sinabung. KBK ITB juga diikutsertakan dalam pembahasan penanggulangan Sinabung di Jakarta dan ditargetkan dalam tiga bulan ke depan ini sudah keluar Keppres mengenai penanganan Sinabung.

“Semua pihak harus kerja cepat dan memanfaatkan momentum yang ada dalam percepatan penanganan Sinabung, sehingga Karo mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat untuk diprioritaskan."

"Hal ini penting dilakukan mengingat bukan hanya Sinabung yang harus ditanggani oleh pemerintah pusat dan banyak hal lain juga di Indonesia. Oleh karena itu, agar semua perwakilan desa yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung ikut bersinergitas dalam forum ini,” tutur Arya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mengapreasi pembentukan forum komunikasi Sinabung mengingat KBK ITB sebagai pencetus Forum Komunikasi Sinabung merupakan orang Karo dari Jakarta yang bekerja di media dan memiliki banyak akses sehingga dapat membantu pemerintah daerah dalam berhubungan dengan pemerintah pusat.

Terkelin juga menekankan agar seluruh masyarakat Karo agar menjaga kearifan lokal terutama saat ini di Karo sedang terjadi bencana. Semua pihak harus bermusyawarah agar dapat menemukan solusi dalam penangganan Sinabung sehingga semua masalah dapat cepat diatasi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3134 seconds (0.1#10.140)