Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Capai 1 Km

loading...
Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Capai 1 Km
Langit di atas Kota Berastagi, tampak gelap sesaat setelah erupsi Gunung Api Sinabung, Sabtu (8/8/2020) sekitar pukul 17.18 WIB. Foto/SINDOnews/Deddy Ebenezer Pinem
KARO - Gunung Sinabung kembali erupsi dengan ketinggian kolom debu vulkanik kurang lebih 1.000 meter dari bibir kawah, Sabtu (8/8/2020) sekitar pukul 17.18 WIB. Erupsi susulan terjadi lagi pukul 18.00 WIB juga teramati kolom debu vulkanik setinggi 1.000 meter.

(Baca juga: Wisata Berastagi Masih Bergeliat Pasca Hujan Abu Sinabung)

Terhitung hingga pukul 18.00 WIB, Gunung Sinabung sudah mengalami tiga kali erupsi. Data yang dihimpun dari Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Sinabung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, kolom debu erupsi tampak berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara.

ErupsiGunung Sinabung terekam dengan amplitudo maksimum 60 milimeter, dan durasi kurang lebih 36 menit 23 detik. Plt. Kepala BPBD Karo, Natanail Perangin Angin mengimbau agar masyarakat tetap tenang, serta mengenakan masker apabila berkegiatan di luar rumah.



"Diimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti arahan dari pemerintah. Tetap gunakan masker bagi warga yang daerahnya terpapar material debu vulkanik Gunung Sinabung," kata Natanail. (Baca juga: Gadis Rohingnya Kabur Dari Tempat Pengungsian di Aceh)
(eyt)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top