38 Siswa Jambur Erlajar KBK ITB Kabanjahe Lolos ke PTN

Sabtu, 25 Juli 2015 - 22:52 WIB
38 Siswa Jambur Erlajar KBK ITB Kabanjahe Lolos ke PTN
38 Siswa Jambur Erlajar KBK ITB Kabanjahe Lolos ke PTN
A A A
KABANJAHE - Ketua Umum Keluarga Besar Karo Institut Teknologi Bandung (KBK ITB) Arya Sinulingga bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana melepas 38 alumni pertama pelajar bimbingan Jambur Erlajar KBK ITB Kabanjahe yang lolos pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015.

“Kita wajib memanjatkan syukur kepada Tuhan, karena sebanyak 65% dari total 62 pelajar bimbingan di Jambur Erlajar KBK ITB berhasil lolos SBMPTN 2015. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi warga Tanah Karo. Terima kasih juga kepada Pemkab Karo yang telah bersinergi dengan KBK ITB, dan mari terus kita tingkatkan kerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan masyarakat,” kata Arya Sinulingga di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Sumut, Sabtu (25/7/2015).

Dikatakan Direktur MNC Group itu lebih lanjut, dirinya bersama para alumni ITB juga akan mendirikan Jambur Erlajar di Kecamatan Tigabinanga, dan Pancur Batu guna meningkatkan mutu pendidikan Tanah Karo menjadi lebih baik. Pada kesempatan itu, Arya juga memberikan motivasi kepada para pelajar untuk terus meningkatkan prestasi.

Bupati Karo Terkelin Brahmana pada saat memberikan sambutan berharap, agar para alumni Jambur Erlajar KBK ITB membuat suatu jaringan, agar tetap berhubungan satu sama lainnya. Hal itu sangat penting untuk menciptakan organisasi-organisasi yang peduli terhadap kampung halaman. Seperti yang telah dilakukan KBK ITB.

“Kepada KBK ITB saya ucapkan terima kasih telah mendidik anak-anak Tanah Karo hingga akhirnya dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri,” ujar Terkelin.

Salah seorang siswa Jambur Erlajar KBK ITB yang berhasil lolos ke PTN, Hanafi mengaku tersanjung karena telah diterima mengikuti bimbingan belajar di KBK ITB hingga akhirnya lolos ke PTN favoritnya.

“Terimakasih kepada abang-abang KBK ITB yang telah mengajar dan menididik kami selama ini. Saya sangat bahagia sekali dapat lolos SBMPTN setelah mengikuti bimbingan di Jambur Erlajar. Terima kasih juga kepada teman–teman yang telah menerima saya dengan baik, meskipun saya berasal dari desa,”ungkapnya.

Salah seorang orang tua siswa yang anaknya lolos SBMPTN, Bujurtaras Tarigan mengatakan, sangat mendukung program yang telah dilaksanakan KBK ITB untuk mencerdaskan anak–anak Tanah Karo.

“Saya sendiri hanya tamatan SMA. Begitu mengetahui anak saya lolos SBMPTN 2015, setelah mengikuti bimbingan di Jambur Erlajar KBK ITB merupakan hal yang sangat membahagiakan. Untuk itu kepada Bapak Arya Sinulingga selaku ketua KBK ITB, saya mewakili orang tua siswa mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya. Mudah–mudahan program KBK ITB ini akan terus berlanjut kedepannya,” ujar Tarigan.

Sementara itu, Manager Jambur Erlajar KBK ITB Kabanjahe Agus menuturkan, jumlah pelajar yang mengikuti bimbingan sebelumnya sebanyak 62 peserta. Dikatakan, dari 38 yang telah lulus, 9 peserta berhasil masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sementara sisanya lulus di PTN lain yakni, Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jakarta. Kegiatan bimbingan di Jambur Erlajar KBK ITB sendiri sudah berlangsung sejak bulan Februari lalu.

“Pada awalnya KBK ITB menyeleksi 1.000 lebih siswa SMA di Kabupaten Karo pada 25 Januari lalu, dan sebanyak 62 siswa terpilih untuk bisa mengikuti bimbingan belajar secara gratis di KBK ITB,” terang Agus.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5726 seconds (0.1#10.140)