Pemerintah Harus Fokus Bangun Papua

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:49 WIB
Pemerintah Harus Fokus Bangun Papua
Pemerintah Harus Fokus Bangun Papua
A A A
JAKARTA - Insiden pembakaran masjid di Tolikara, Papua pada saat perayaan Idul Fitri diduga kuat terjadi karena berbagai faktor. Faktor yang paling mempengaruhi yakni faktor keterbelakangan ekonomi dan infrastruktur di Papua yang jauh tertinggal ketimbang provinsi lainnya, maka pemerintah harus fokus untuk membangun Papua.

"Bisa saja ada asing yang bermain, tapi kalau sektor ekonomi masyarakat di sana tidak tertinggal seperti sekarang, maka apa pun yang dilakukan asing, akan lebih mudah ditangkal," kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin saat dihubungi wartawan.

Sementara, anggota DPR asal Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, Peggi Patrisia Pattipi berpendapat, insiden di Tolikara adalah kelalaian dari aparat TNI dan juga Polri. Karena, kejadian seperti ini baru terjadi di Papua.

"Yang selamai ini kita tahu hanya beberapa kali perang suku. Tiba-tiba terjadi pembakaran rumah ibadah pada saat umat Islam merayakan hari kemenangannya berpuasa selama satu bulan," kata Peggi.

Menurut Peggi, aparat kurang siap di lapangan untuk melakukan pengamanan di saat ibadah Salat Idul Fitri dilaksanakan, sehingga hanya memfokuskan pengamanan rumah-rumah ibadah di luar Papua.

Karena itu, dirinya meminta agar aparat pemerintah daerah, TNI, Polri, beserta tokoh-tokoh agama dan tokoh adat untuk bersama-sama selalu berkoordinasi apabila ada kegiatan-kegiatan keagamaan atau kegiatan besar nasional lainnya. Sehingga, masyarakat bisa menjalankan kegiatan tersebut karena ada pengamanan yang sudah siap.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5138 seconds (0.1#10.140)