Serangan di Tolikara, Kemenag Minta Klarifikasi Sinode GIDI

Sabtu, 18 Juli 2015 - 00:02 WIB
Serangan di Tolikara, Kemenag Minta Klarifikasi Sinode GIDI
Serangan di Tolikara, Kemenag Minta Klarifikasi Sinode GIDI
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama bergerak cepat atas insiden penyerangan terhadap warga yang akan melakukan ibadah Salat Idul Fitri di Kabupaten Tolikara, Papua. Penyerangan ini dilakukan sekelompok orang.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Jumat (17/7/2015), Dirjen Bimas Kristen Oditha R Hutabarat mengaku telah mengambil langkah untuk mengusut serangan terhadap warga pada pagi hari itu.

Pertama, menghubungi ketua Sinode GIDI agar bisa segera membuat surat penjelasan kronologis kejadian, sekaligus pernyataan permohonan maaf kepada umat Islam Indonesia terkait dengan peristiwa tersebut. Menurut Oditha, Ketua Sinode akan membuat surat tersebut dan mengirimkannya via email.

Kedua, menghubungi Persekutuan Gereja dan Lembaga Injili Indonesia (PGLII) yang merupakan persekutuan di mana GIDI merupakan anggotanya, agar bisa bersama-sama melakukan langkah-langkah strategis dalam menyikapi persitiwa ini.

Sabtu 18 Juli 2015 pagi, Dirjen Bimas Kristen dan PGI juga akan menggelar konferensi pers untuk memberikan penjelasan. Oditha menegaskan, umat Kristen sangat prihatin atas peristiwa tersebut.

"Atas nama pemerintah kami mohon maaf atas peristiwa yang melukai hati umat muslim, yang adalah saudara-saudara kami sebangsa dan setanah air. Kami berharap agar masalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku."

PILIHAN:

Ada Insiden di Tolikara
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9499 seconds (0.1#10.140)