Ramadhan Fair Jadi Ikon Wisata Religi

Rabu, 15 Juli 2015 - 11:00 WIB
Ramadhan Fair Jadi Ikon Wisata Religi
Ramadhan Fair Jadi Ikon Wisata Religi
A A A
MEDAN - Ramadhan Fair 2015 di Taman Sri Deli, Jalan Sisingamangaraja, Medan, resmi berakhir Senin (13/7) malam.

Acara penutupan dirangkai dengan pembagian hadiah bagi pemenang sejumlah lomba bernuansa Islami, serta hiburan dari juara Rising Star 2014, Indah Nevertari.

Penyanyi asal Kota Medan itu menghibur pengunjung dengan sejumlah lagu- lagu religi. Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menilai, pelaksanaan Ramadhan Fair berlangsung sukses dan telah menjadi ikon wisata religi di Kota Medan. Bagi pedagang, Ramadhan Fair menjadi salah satu sarana yang tepat untuk menjemput berkah Ramadan, terutama dari sisi ekonomi.

Sebab, kegiatan ini setiap tahunnya selalu menyediakan aneka kuliner serta produk UMKM. Sementara bagi masyarakat, Ramadhan Fair menjadi tempat yang spesial dan sejuk untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, teman, kerabat, sekaligus merasakan keindahan kebersamaan. “Karena itu, event religi ini sangat melekat di hati segenap warga masyarakat, baik yang berasal dari Kota Medan, luar kota, maupun mancanegara,” ujar Eldin saat menutup event tahunan Pemko Medan itu.

Eldin menjelaskan, Ramadhan Fair merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Pemko Medan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Bersamaan dengan itu, Pemko Medan juga menggelar pasar murah untuk membantu warga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan menyambut Lebaran.

Dalam kesempatan itu, Eldin juga berpesan kepada umat Muslim Kota Medan agar memanfaatkan sisa waktu Ramadan tahun ini untuk meningkatkan ibadah. Bagi yang mudik, Eldin meminta agar menitipkan rumah yang ditinggal kepada tetangga atau kepada kepala lingkungan (kepling). Pemudik juga diingatkan mematikan listrik di dalam rumah, guna menghindari tagihan yang berlebihan sekaligus menghindari bahaya kebakaran.

Dalam memenuhi kebutuhan Idul Fitri, Eldin juga meminta masyarakat belanja dengan cerdas, tepat, dan tidak berlebihan. Selain itu, selalu menjaga kebersamaan dan kebahagiaan bersama keluarga, kerabat, serta tetangga. Wali kota juga mengingatkan kepada pemudik untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati selama dalam perjalanan.

Khusus bagi pemudik yang mengendarai roda dua, diimbau tidak membawa beban berlebihan, agar bisa selamat sampai di kampung halaman. “Satu lagi yang juga sangat penting adalah jangan lupa mengeluarkan zakat fitrah dan berbagi kepada saudara-saudara yang membutuhkan, agar seluruh umat Muslim turut menikmati hari kemenangan dengan rasa bahagia dan gembira,” ucapnya.

Penutupan Ramadhan Fair XII dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Iswanda Nanda Ramli; Dandim 0201/BS, Letkol Inf Maulana Ridwan; Raja Muda Deli T Hamdy Osman Deli Khan Al Haaj; pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, camat serta lurah se-Kota Medan.

Lia anggia nasution
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5045 seconds (0.1#10.140)