RS Pirngadi Terancam Tak Lolos Akreditasi

Jum'at, 26 Juni 2015 - 09:52 WIB
RS Pirngadi Terancam Tak Lolos Akreditasi
RS Pirngadi Terancam Tak Lolos Akreditasi
A A A
MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan dikhawatirkan gagal meraih akreditasi versi 2012 karena toilet di ruang intensive care unit (ICU) yang rusak. Meskipun terkesan sepele, fasilitas tersebut sangat berpengaruh pada kenyamanan pasien.

Sekretaris Komisi B DPRD Medan, T Bahrumsyah, menuturkan, bisa saja toilet yang rusak itu menjadi penilaian bagi Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Pelayanan yang bersifat sederhana seperti toilet rusak, mestinya menjadi prioritas bagi rumah sakit. “Rumah sakit harus segera memperbaiki toilet tersebut. Ini juga hak pasien,” kata Bahrum di Medan, Kamis (25/6).

Terpisah, Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar, menjelaskan, pelayanan publik rumah sakit harus dilengkapi sarana dan prasarana memadai termasuk toilet. Hal ini mengacu Undang-Undang (UU) No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 21 yang menyebutkan, aspek, sarana, dan prasarana diatur dalam variabel yang harus dipenuhi.

“Bahkan, keberadaan toilet menjadi salah satu variabel penilaian. Kalau toilet rusak, itu jadi salah satu membuat penilaian menjadi tidak baik. Karena itu, kami berharap RSUD dr Pirngadi Medan segera memperbaiki toilet yang rusak,” tuturnya.

Sementara keluarga pasien yang berada di lantai IV ruang ICU RSUD Dr Pirngadi Medan mengeluhkan kerusakan toilet di lantai tersebut. Kondisi ini mengakibatkan keluarga yang menjaga pasien di ruang ICU terpaksa turun ke lantai dasar hanya untuk menggunakan toilet.

“Semestinya ini menjadi perhatian pihak rumah sakit dan segera diperbaiki. Jadi, kami keluarga pasien tidak harus turun ke bawah mencari toilet,” ujar salah seorang keluarga pasien, Halimah, yang tinggal di kawasan Tembung, kemarin.

Berdasarkan pengamatan wartawan, selain toilet ruang ICU, toilet lantai IV, persisnya di depan lift juga tidak bisa digunakan. Dimana, satu toilet digembok dan satu lagi diikat memakai kawat. Di pintu toilet yang diikat kawat tertulis selembar kertas yang bertuliskan Kamar Mandi Lagi Rusak .

Terkai hal ini, Kasubbag Hukum dan Humas RSUD Dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin, yang dikonfirmasi mengatakan, toilet yang rusak tersebut sedang diperbaiki. “Sabarlah, sedang diperbaiki,” katanya. Menurut dia, kerusakan toilet itu baru terjadi sekitar tiga hari lalu.

Sementara itu, seorang pengunjung yang tidak ingin namanya disebutkan mengungkapkan, kerusakan toilet sudah berlangsung lama. “Setahu saya rusaknya sudah sekitar dua bulan,” ujar pria yang selalu berkunjung dan mengantar obat ke rumah sakit tersebut.

Siti amelia
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6058 seconds (0.1#10.140)