Matahari Tambah Stok Barang 500%

Jum'at, 26 Juni 2015 - 09:35 WIB
Matahari Tambah Stok Barang 500%
Matahari Tambah Stok Barang 500%
A A A
SEMARANG - Meski Lebaran masih cukup lama, transaksi penjualan mal di Kota Semarang sudah mengalami kenaikan hingga 50% dibandingkan kondisi normal.

Seperti yang terlihat di Matahari Departemen Store Plasa Simpang Lima Semarang, misalnya. Di mal yang ada di pusat Kota Semarang ini sudah mulai merasakan adanya lonjakan transaksi. Asisten Store Manager Matahari Simpang Lima Semarang Aldersi Redo mengatakan peningkatan transaksi sudah terjadi sejak awal Ramadan dengan peningkatan sekitar 50% dari kondisi normal sebelumnya.

“Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pada masa awal Ramadan peningkatan transaksi sangat terasa pada fashion anak. Adapun untuk penjualan fashion dewasa biasanya baru akan terasa pada minggu ketiga,” ucapnya.

Puncak transaksi akan terjadi pada H-7hingga H-1Lebaran. Lonjakan transaksi akan mencapai tiga kali lipat dari kondisi normal. Jika dalam kondisi normal rata-rata transaksi yang tercatat dalam setruk keluar mencapai 50.000 transaksi per bulan, nanti selama Ramadan diperkirakan bisa mencapai 150.000 transaksi.

Untuk mengantisipasi tingginya permintaan barang, Matahari juga sudah menambah stok barang hingga 400-500% dari kondisi normal. Tambahan stok bahkan sudah tersedia sejak awal Mei lalu. “Kami juga telah menambah jumlah SDM hingga 30%, dari normal 600 orang menjadi 1000 orang. Begitu pula untuk mempermudah transaksi dan meminimalisir antrean, Matahari telah menambah jumlah kasir,” papar Aldersi Redo.

Pada awal Ramadan memang sudah banyak orang yang mulai berbelanja untuk kebutuhan Lebaran. Seperti yang dilakukan Rani, misalnya. Warga Semarang Atas ini sudah membeli beberapa pakaian yang akan digunakan untuk berlebaran.

Dia mengaku sengaja berbelanja lebih awal untuk menghindari berdesak-desakan. “Tahun lalu seminggu sebelum lebaran mal-mal penuh, makanya saya memilih belanja lebih awal,” ujarnya.

Andik sismanto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4652 seconds (0.1#10.140)