Bus Seruduk Truk di Tol Cipali, Dua Penumpang Terluka

Senin, 22 Juni 2015 - 13:39 WIB
Bus Seruduk Truk di Tol Cipali, Dua Penumpang Terluka
Bus Seruduk Truk di Tol Cipali, Dua Penumpang Terluka
A A A
SUBANG - Kecelakaan lalulintas kembali terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Subang. Kali ini, sebuah bus menyeruduk truk bermuatan pasir di Kilometer 119+400 Kecamatan Cibogo, Senin dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Akibat peristiwa ini dua penumpang bus luka-luka, yakni Rahmat (14) dan Sarjono (26).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa bermula ketika truk pengangkut pasir AA 1672 GB yang dikemudikan Soleh (40) warga Kabupaten Magelang Jawa Tengah, sedang melaju di lajur lambat di Kilometer 119 Jalur B (arah timur menuju barat).

Saat hendak melewati jembatan, tiba-tiba dari arah belakang, datang Bus Nusantara K 1588 FK dengan kecepatan tinggi, dan langsung menyeruduk belakang truk. Akibatnya, bagian depan bus ringsek.

"Bahkan saking kencang dan kerasnya, truk yang saya kemudikan sampai terbalik, padahal penuh dengan pasir. Akibatnya pasir yang saya bawa berhamburan. Untungnya saya cuma lecet-lecet," keluh pengemudi truk, Soleh (40) saat ditemui di Pos PJR Tol Cipali, Kawasan Cilameri Subang, .

Sebelum insiden terjadi, bus diketahui melaju kencang, bahkan cenderung ngebut. Ketika tiba di Kilometer 119+400, bus mencoba menyalip truk pasir dari kanan.

Namun nahas, saat bus hendak menyalip, truk keburu memasuki jalur jembatan yang kondisi bahu (lebar) jalannya menyempit.

Karena bahu jalan sempit, diduga untuk menghindari kecelakaan, sopir bus membanting kendaraan ke kiri, namun malah menabrak bagian belakang truk pasir yang melaju lambat.

Akibatnya, kedua kendaraan yang terlibat tabrakan mengalami rusak. Bus ringsek di bagian kiri depan.

Sedangkan truk sampai terbalik dan rusak di bagian depan serta belakang. Insiden ini juga menyebabkan beberapa penumpang bus luka-luka.

"Dua penumpang bus Rahmat (14) dan Sarjono (26) harus dilarikan ke RS Thamrin Purwakarta guna mendapat penanganan medis. Saat ini, kedua kendaraan yang terlibat tabrakan sudah diamankan di Pos PJR Cilameri. Adapun kasusnya ditangani Unit Laka Lantas Polres Subang," kata Kanit Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Cipali Ditlantas Polda Jabar, AKP Taufik.

Sementara itu, kecelakaan yang terjadi Senin dini hari ini, makin menambah daftar panjang kecelakaan lalulintas di Tol Cipali yang belum lama diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi.

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga Senin siang ini, atau sembilan hari sejak tol diresmikan pada Sabtu 13 Juni lalu, jumlah kecelakaan yang terjadi diperkirakan mencapai sedikitnya 15 kasus lebih.

Dari belasan kasus tersebut, tiga diantaranya menelan tiga korban tewas dan belasan lainnya menderita luka serius.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)