Jalan Sei Berombang- Labuhanbilik Dibangun

Senin, 22 Juni 2015 - 09:57 WIB
Jalan Sei Berombang- Labuhanbilik Dibangun
Jalan Sei Berombang- Labuhanbilik Dibangun
A A A
RANTAUPRAPAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu membangun jalan rabat beton dari Sei Berombang menuju Labuhanbilik sepanjang dua kilometer.

Pembangunan ini dibutuhkan karena daerah pesisir pantai itu rawan luapan air laut. “Pembangunan itu kami perkirakan akan dimulai dalam waktu dua bulan ini,” kata Bupati Labuhanbatum, Tigor Panusunan Siregar, saat melakukan Safari Ramadan perda-nanya di Masjid Khairul Amal Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Sabtu (20/6).

Pemkab Labuhanbatu juga akan melakukan pengerasan jalan di Desa Wonosari. Pembangunan itu diharapkan memperlancar akses ekonomi masyarakat di wilayah Kecamatan Pantai, sehingga kesejahteraan masyarakat pun meningkat. “Karena proses tendernya sudah selesai, untuk itu setelah dibangun, tolong kita jaga apa yang telah dibangun ini agar bermanfaat dan tahan lama,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkab Labuhanbatu berencana membangun lampu jalan dari solar cell , yang mengonversi sinar matahari menjadi arus listrik. Lampu jalan solar cell ini sebenarnya sudah dibangun di jalan dari Sei Berombang sampai ke Labuhanbilik. Namun, ada sekitar 20 tiang yang tidak bisa hidup lagi selama enam bulan ini karena akinya dicuri orang. “Pencurinya masih DPO (daftar pencarian orang). Saya berharap marilah kita saling menjaga dan merawat hasil pembangunan yang telah dilakukan pemerintah agar semua dapat bermanfaat dan terpelihara dengan baik,” tuturnya.

Terpisah, warga setempat, Abdul Kholik, 32 mengatakan, rencana pembangunan rabat beton pada jalan di pesisir pantai sangat sesuai kondisi tekstur tanah yang labil akibat sering dilanda banjir pasang air laut. Jika yang dibangun hotmix, tidak akan tahan lama karena dirusak luapan air laut. “Di daerah kami sudah terbiasa kalau musim pasang air laut, air sampai ke badan jalan,” ucapnya.

Sartana nasution
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5402 seconds (0.1#10.140)