Kebut Perbaikan Pasar Johar

Minggu, 21 Juni 2015 - 03:06 WIB
Kebut Perbaikan Pasar Johar
Kebut Perbaikan Pasar Johar
A A A
SEMARANG - Puluhan pedagang buku eks Pasar Johar yang saat ini berjualan di lantai 3 Pasar Bulu Semarang mengeluhkan sepinya pembeli. Mereka berharap proses pembangunan kembali Pasar Johar dikebut agar dapat kembali berjualan di lokasi itu.

Saat KORAN SINDO mengunjungi lokasi penampungan sementara pedagang buku di Pasar Bulu, Sabtu (20/6/2015), puluhan toko buku yang ada di lokasi itu tutup. Beberapa di antara mereka yang buka juga sepi, tidak ada pembeli.

"Setiap hari seperti ini, sejak pindah dari Johar ke sini (Pasar Bulu), kondisinya semakin buruk. Penghasilan terus menurun," kata Komari (34), salah satu pedagang buku.

Menurut Komari, omzet dagangan bukunya setiap hari terus menurun. Dalam sehari, kadang dirinya tidak mendapatkan hasil sama sekali dari tokonya itu.

"Pendapatan ndak mesti, kadang sehari berhasil jual satu buku, kadang tidak laku sama sekali. Beda saat berjualan di Pasar Johar, dalam sehari biasanya mampu menjual 10 buku lebih."

Hal Senada dikatakan Sumarno (35), pedagang lainnya. Meski lokasi Pasar Bulu dinilainya sangat representatif, hal itu tidak mendukung pendapatan para pedagang buku eks Pasar Johar Semarang.

Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Tridjoto Sarjoko mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan pembahasan rencana pembangunan kembali Pasar Johar seusai musibah kebakaran yang terjadi pada Sabtu (9/5/2015) itu. Rencananya, pembangunan kembali Pasar Johar dilakukan pada tahun 2016.

"Namun tergantung kesiapan anggaran. Saat ini kami juga masih melakukan persiapan penyusunan Detail Engineering Design (DED)-nya," kata dia.

Baca juga:
Pasar Johar Semarang Terbakar
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9011 seconds (0.1#10.140)