Pemilihan Lurah di Probolinggo, Rumah Ketua Pilkades Dibom

Selasa, 16 Juni 2015 - 21:48 WIB
Pemilihan Lurah di Probolinggo, Rumah Ketua Pilkades Dibom
Pemilihan Lurah di Probolinggo, Rumah Ketua Pilkades Dibom
A A A
PROBOLINGGO - Suhu politik menjelang pemilihan kepala desa di Kabupaten Probolinggo memanas. Aksi teror dari orang tak bertanggung jawab dilakukan untuk mengacaukan situasi yang kondusif.

Sehari sebelum penetapan calon kepala desa (Cakades) Gading, Kecamatan Gading, sebuah bondet (bom ikan) meledak di rumah Martam, Ketua Panitia Pilkades. Ledakan keras pada Selasa dini hari itu mengusik warga yang tengah terlelap tidur.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam pelemparan bondet tersebut. Namun akibat ledakan itu rumah korban dan dua rumah tetangganya mengalami kerusakan. Sebuah mobil milik korban yang terparkir di halaman juga rusak terkena ledakan.

Menurut Martam, saat kejadian dia dan keluarganya tengah tidur malam. Dia terbangun setelah mendengar bunyi ledakan yang berasal dari depan rumahnya. Namun siapa yang melempar bondet tersebut, dia tidak mengetahuinya.

"Saya kaget mendengar suara ledakan di depan rumah. Tidak ada orang yang tahu siapa pelempar bondet itu. Yang jelas, dia ingin melukai saya dan keluarga," kata Martam, ditemui wartawan, Selasa (16/6/2015).

Martam meyakini, aksi pelemparan bondet ini erat kaitannya dengan proses penetapan cakades. Menurutnya, ada beberapa pendaftar yang tidak memenuhi persyaratan dan harus digugurkan dari pencalonannya. Namun dia tidak mau berspekulasi, pelaku pelemparan bondet itu berasal dari orang-orang yang kecewa atas keputusan panitia pilkades.

"Teror ini merupakan imbas dari proses pilkades. Ini sudah menjadi risiko, ada orang-orang yang merasa kecewa dengan keputusan panitia," tandasnya.

Sementara itu, petugas kepolisian yang tiba di lokasi melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengamankan rumah korban dengan memasang garis polisi. Sejumlah saksi diminta keterangannya untuk mengungkap pelaku dan modus pelemparan bondet tersebut.

Pihak kepolisian enggan berspekulasi motif pelemparan bondet tersebut terkait dengan proses pilkades yang tengah berlangsung. Untuk menjaga situasi agar kembali kondusif, pihak kepolisian akan meningkatkan patroli di daerah tersebut.

"Kami masih meminta keterangan dan melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelakunya," pungkas Kapolsek Gading AKP Suwarta.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)