Sinabung Semburkan Awan Panas, Ratusan Warga Dievakuasi

Minggu, 14 Juni 2015 - 16:00 WIB
Sinabung Semburkan Awan Panas, Ratusan Warga Dievakuasi
Sinabung Semburkan Awan Panas, Ratusan Warga Dievakuasi
A A A
KARO - Ratusan warga Desa Sukanalu, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo yang berjarak sekitar 3 Kilometer dari puncak Sinabung dievakuasi dari kampung halaman ke lokasi penampungan pengungsi Gedung Serbaguna KNPI Kabanjahe, Sabtu 13 Juni 2015 malam.

Menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Jhonson Tarigan yang ditemui lokasi pengungsian, evakuasi tersebut berdasarkan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Berdasarkan rekomendasi dari pihak PVMBG yang menyatakan adanya rentetan awan panas dan ancaman debu yang dapat membahayakan warga. Untuk itu kita langsung mengevakuasi mereka. Sampai saat ini semua warga telah dievakuasi ke KNPI, ada sekitar 300 jiwa," ujar Jhonson.

Koordinator posko pengungsian KNPI Raffi Ginting mengatakan, seluruh pengungsi warga Desa Sukanalu dapat ditampung di posko KNPI yang berkapasitas 1000 lebih.

Kepala Desa Suka Nalu Paten Sitepu mengatakan, seluruh warga telah dievakuasi. Namun masih ada warga yang selama ini tinggal di luar desa pasca aktivitas Sinabung meningkat.

"Jumlah keseluruhan warga Desa Sukanalu berjumlah 1.225 jiwa ( 350 KK). Yang dievakuasi malam ini sekitar 300 jiwa. Sementara sisanya selama ini telah tinggal di luar desa. Tadi BPBD Karo datang ke desa dan menyatakan akan dievakuasi karena ada rentetan awan panas," ungkapnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6538 seconds (0.1#10.140)