DIY Butuh 70 Ribu Kantong Darah

Minggu, 14 Juni 2015 - 09:45 WIB
DIY Butuh 70 Ribu Kantong Darah
DIY Butuh 70 Ribu Kantong Darah
A A A
YOGYAKARTA - DIY membutuhkan sedikitnya 70.000 kantong darah pada 2015 ini. Jumlah ini merupakan target PMI DIY memenuhi kebutuhan dan permintaan darah selama setahun atau setara 2% dari jumlah penduduk DIY.

Pada 2014 lalu, pendonor yang sukses menyumbangkan darahnya mencapai 62.000. Tahun ini PMI DIY berharap target 70.000 pendonor tercapai. Ketua PMI DIY Herry Zudianto mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya mengajak masyarakat agar gemar mendonorkan darahnya.

“Baik melalui event donor darah massal seperti yang dilakukan bersama Tupperware ini ataupun dengan sosialisasi serta kampanye. Sering kami katakan bahwa donor darah itu keren dan sebagainya sehingga anak-anak muda tergerak mau donor,” tuturnya. Sementara Sekretaris PMI Kota Yogyakarta Harris Syarif Usman menambahkan, darah hasil donor sudah banyak membantu pasien maupun orang yang membutuhkan transfusi darah.

“Bahkan untuk beberapa golongan darah langka seperti AB pernah dikirimkan ke Papua, Palangkaraya, dan sejumlah pasien di luar Jawa yang sangat membutuhkan,” tuturnya. A ksi Tupperware Donor Darah “A Drop for Hopes” digelar di halaman Parkir Malioboro Mall Yogyakarta sekitar Pukul 08.00- 21.00 WIB kemarin.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan untuk memperingati ulang tahun Tupperware Indonesia. “Tahun ini, kami merayakan ulang tahun ke-24 sehingga acara donor darah ini digelar serentak di 24 kota se-Indonesia, termasuk di Yogyakarta,” ucap perwakilan manajemen Tupperware Indonesia, Rina Sudiana.

Program ini sejalan dengan filosofi dan semangat Tupperware, yakni “Caring & Sharing” yang senantiasa menularkan nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas kepada sesama. Kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan donor darah sekaligus mendukung kegiatan PMI yang tengah menggalakkan kampanye donor darah sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat.

Target pendonor di Parkir Malioboro Mall kemarin adalah 1.100 kantong darah. Sementara secara nasional, Tupperware Indonesia menargetkan lebih dari 25.000 orang akan berpartisipasi dalam acara ini. “Pada 2014 lalu, lebih dari 20.000 pendonor datang ke-23 lokasi acara di 23 kota dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah bersama Tupperware Indonesia,” kata Marketing PR & Communication Executive Tupperware Indonesia, Katarina Duhita, dalam keterangan persnya.

Tahun ini, kegiatan “A Drop for Hopes: Donor Darah Bersama Tupperware” mengangkat tema 24 Kebaikan Donor Darah, dengan tujuan mengedukasi masyarakat mengenai 24 kebaikan donor darah serta mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan donor darah bagi kehidupan yang lebih baik bagi sesama.

Muh fauzi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5835 seconds (0.1#10.140)