Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 3 Km

Jum'at, 12 Juni 2015 - 18:37 WIB
Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 3 Km
Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 3 Km
A A A
KABANJAHE - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang kini menyandang status Awas (level IV) kembali meluncurkan awan panas guguran sejauh 3 kilometer (km) ke arah selatan, Jumat (12/6/2015) sekira pukul 10.42 WIB. Sementara, ketinggian kolom debu 500 meter (m) bergerak ke arah timur seiring pergerakan angin.

"Secara visual kita amati kubah lava tersebut masih menggantung. Tidak ada pengaruh terhadap runtuhnya kubah lava akibat awan panas guguran kemarin," ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Derry, Jumat (12/6/2015).

Dia menambahkan, hingga saat ini aktivitas kegempaan Gunung Sinabung masih tergolong tinggi. Gempa guguran mengalami peningkatan yang cukup signifikan, diikuti gempa low frequency, hybrid, vulkanik, dan tremor secara terus-menerus.

"Kita terus mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi rekomendasi yang telah kita keluarkan sejak meningkatnya status Sinabung dari Siaga (level III) menjadi Awas (level IV). Terutama untuk menjauhi jalur sektoral awan panas, selatan-tenggara Sinabung."

PILIHAN:
2.727 Warga Sekitar Gunung Sinabung Mengungsi
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7258 seconds (0.1#10.140)