Industri PC dan Game Saling Padu Beri Kepuasan Gamers

Jum'at, 12 Juni 2015 - 09:44 WIB
Industri PC dan Game Saling Padu Beri Kepuasan Gamers
Industri PC dan Game Saling Padu Beri Kepuasan Gamers
A A A
Tangan-tangan terampil dari beberapa lelaki terlihat cekatan merangkai sejumlah hardwarepersonal komputer atau biasa disebut PC. Yang menjadikan pemandangan tersebut menarik adalah, adanya rangkaian kipas pendingin berukuran besar yang ikut dirangkai dalam mainboarddari PC yang dirangkai.

Keberadaan kipas berukuran besar tersebut tidak terlepas dari kebutuhan pendinginan yang lebih banyak dari PC yang dirangkai. Maklum saja, upaya merangkai PC tersebut merupakan bagian dari kompetisi overcloking yang digelar oleh AMD, Telkomsel, dan didukung oleh Megaxus untuk komunitas pencinta game. Overclocking adalah upaya untuk menaikkan kapasitas dari sebuah PC standar.

Upaya tersebut biasa dilakukan oleh para pencinta game untuk memenuhi ambisi bisa memainkan gamedengan tampilan yang lebih memuaskan. Meski PC yang digunakan untuk kompetisi sudah memiliki teknologi paling mutakhir, namun overclocking tetap dilakukan oleh para gamersuntuk bisa mendapatkan kepuasan maksimal dalam bermain game online.

"Seperti ketika ada balapan motor, ada yang kelas underbound, nah overclocking merupakan bagian untuk meningkatkan kapasitas PC agar bermain gamebisa lebih menyenangkan," kata Manajer AMD Indonesia Frangky Wijaya di tengah-tengah memantau kompetisi overclocking dan kompetisi gamedi Yogyakarta, kemarin. Pada ajang kedua yang diselenggarakan kali ini, tercatat ada 350 pencinta game dari berbagai komunitas di Indonesia hadir untuk mencoba kemampuannya bermain game.

Sementara untuk kompetisi overclockingtercatat ada 36 peserta berusaha menampilkan kemampuan yang dimiliki. Meski di tengah perkembangan peralatan mobile yang cukup pesat, keberadaan PC sebagai gadget untuk bermain game ternyata tetap tidak pudar. Hal itu didorong oleh keberadaan sejumlah gameyang cukup fenomenal di kalangan komunitas pecinta game.

"Pangsa pasar keduanya (game PC dan game mobile) berbeda. Tidak saling gerus meski saat ini perkembangannya sudah mengarah penciptaan game yang bisa dimainkan di keduanya (PC dan mobileponsel)," kata Marketing Megaxus Wida. Dari tren yang diamatinya, untuk gamemobilecenderung memiliki sifat yang cepat mengalami boomingdi masyarakat.

Namun demikian, lifetime mobile gametidak selama game yang dimainkan di PC. Hal tersebutlah yang pada akhirnya menghapus kekhawatiran bahwa kedua pangsa pasar tersebut akan saling gerus. Dengan kondisi tersebut, perkembangan teknologi PC masih tetap ditunggu oleh para pencinta gameuntuk bisa mendapatkan perangkat yang mampu memberikan kepuasan maksimal untuk memainkan game. Termasuk menjadi bahan untuk "dioprek" dengan sistem overclocking untuk mendapatkan performanceterbaik yang diinginkan.

MAHA DEVA
Yogyakarta
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8830 seconds (0.1#10.140)