Keluarga Jokowi Resmi Lamar Selvi

Rabu, 10 Juni 2015 - 08:32 WIB
Keluarga Jokowi Resmi Lamar Selvi
Keluarga Jokowi Resmi Lamar Selvi
A A A
SOLO - Presiden Joko Widodo resmi melamar Selvi Ananda sebagai calon istri putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Prosesi lamaran dilakukan di rumah orang tua Selvi Ananda di Jalan Kutai Raya, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo tadi malam. Keluarga besar Jokowi berangkat dari kediaman pribadi Presiden di Jalan Kutai Utara dengan berjalan kaki.

Rumah Jokowi dengan tempat tinggal yang ditinggali calon menantunya hanya berjarak sekitar 150 meter dan masih di lingkungan satu RW. Rombongan tiba di rumah Selvi sekitar pukul 19.00 WIB. Keluarga Jokowi disambut calon besannya, pasangan Didit Supriyadi-Sri Partini. Jokowi mengenakan baju batik warna coklat tua. Demikian pula Gibran Rakabuming Raka yang akan mempersunting Selvi Ananda juga mengenakan batik warna coklat tua.

Kali ini, pemilik usaha katering Chilli Pari tersebut nampak mengenakan kacamata. Kaesang Pangarep, adik Gibran juga mengenakan batik warna coklat. Sementara, istri Jokowi, Iriani dan anak perempuannya, Kahyang Ayu terlihat kompak memakai baju kebaya warna biru dan kalung mutiara. Keluarga inti Jokowi lalu dipersilakan masuk ke dalam rumah untuk pelaksanaan prosesi lamaran. Dari mempelai laki laki, lamaran diwakili oleh Setyawan Prasetyo yang merupakan paman Jokowi.

Sedangkan dari keluarga Selvi Ananda, penerimaan lamaran diwakili oleh Heru Haryanto. Prosesi lamaran atau tembungan dalam istilah Jawa, hanya berlangsung sekitar sepuluh menit. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan perjamuan makam malam. Sekitar pukul 19.30 WIB, keluarga Jokowi berpamitan kepada calon besannya untuk pulang. Terlihat, Selvi Ananda ikut mengantarkan rombongan keluarga Jokowi hingga depan rumah.

Dia terlihat anggun mengenakan kebaya warna hijau lengan panjang dan bawahan kain jarik warna kuning gading bermotif batik. “Dalam prosesi ini hanya tembungan (lamaran) saja. Tidak disertai srahsrahan (seserahan) dan cincin pengikat,” ungkap Umiatsih, pembawa acara saat lamaran di rumah Selvi Ananda, tadi malam. Makna prosesi lamaran, antara lain untuk memantapkan hati Gibran-Selvi karena kedua orang tua telah bertemu.

Sementara saat sore harinya atau sehari setelah lamaran, akan digelar acara pasrah piningset (tukar cincin) yang dilanjutkan midodareni. Saat acara itu, Jokowi tidak hadir dan hanya perwakilan. Namun pada pagi harinya akan digelar prosesi siraman kepada kedua calon pengantin.

Air siraman berasal dari tujuh sumber air yang berbeda. Air dari tujuh sumber nantinya juga diberikan kepada keluarga Jokowi untuk Siraman Gibran. “Tujuh itu dalam bahasa Jawa adalah Pitu. Yakni dimaknai sebagai pitulungan (pertolongan),” paparnya. Siraman yang digelar calon mempelai perempuan akan dilakukan oleh sesepuh dari keluarga Selvi.

Yakni ibu Suprobo Hadi Kusumo, Ibu Sarjono, Ibu Kadarusman, Ibu Heru Haryanto, Ibu Yuni Sulistyo, Ibu Purboyono, Ibu Slamet Harsono. Sedangkan untuk siraman terakhir dilakukan oleh kedua orangtua Selvi Ananda. Sedangkan pada 11 Juni dilakukan ijab kabul yang dilanjutkan resepsi pernikahan. Dalam prosesi pernikahan, Gibran memang menginginkan seluruh prosesi sepenuhnya dilakukan dengan cara Jawi Jangkep (Jawa lengkap).

Setyawan Prasetyo paman Jokowi mengatakan, dalam prosesi lamaran dia memang yang diserahi untuk melakukan tembungan. Sedangkan untuk srahsrahan akan dilakukan esok harinya setelah lamaran dilaksanakan. Saat prosesi siraman di rumah masing masing, nantinya hanya dihadiri dari keluarga besar calon mempelai. Sedangkan untuk saksi ijab kabul berasal dari RT atau RW setempat.

“Tapi saya lupa namanya,” ungkap Setyawan Prasetyo yang merupakan adik kandung Ibu Jokowi. Persiapan pernikahan yang akan digelar 11 Juni mendatang sudah mencapai sekitar 95%. Berbagai hal seperti dekorasi hingga katering telah siap semuanya. Mempelai perempuan saat ini memang telah dipingit.

Namun pingitan tidak dilaksanakan di rumah. Namun Selvi dan keluarganya untuk sementara tinggal di hotel. Sehingga, diharapkan bisa tenang menjelang pelaksanaan pernikahan. Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka kemarin mendadak datang ke media center menemui wartawan yang meliput prosesi pernikahannya dengan Selvi ananda.

Putra sulung Presiden Joko widodo ini datang ke media center di Jalan Letjend Suprapto atau sekitar 100 meter dari gedung resepsi Graha Saba buana yang menjadi lokasi pernikahan pernikahan Gibran- selvi. Gibran datang ke media center didampingi juru masak katering chilli Pari Bejo Utomo sekitar pukul 13.15 WIB dengan berjalan kaki.

Gibran membeberkan menu yang akan disajikan dalam resepsi. “Ada markobar (martabak kota barat) surprise 16 rasa,” kata Gibran di media center. Menu lainnya yang disajikan adalah khas Solo. Seperti nasi liwet, tengkleng, selat solo, srabi, sosis basah daging sapi, proll kopyor. Juga prawan ayu yang merupakan menu makanan dari umbi umbian, kambing guling, timlo, garangasem.

Sedangkan minumannya antara lain beras kencur, gula asem, soft drink , buah potong. “Juga aneka jus dan mineral water,” timpal bejo utomo, juru masak Chilli Pari. Menu disajikan untuk semu tamu tanpa membedakan. Gibran mengaku menu khas solo sangat cocok untuk semua lidah orang dari manapun asalnya. Pada bagian lain, Gedung Graha Saba Buana yang menjadi lokasi pernikahan telah disterilkan oleh aparat keamanan.

Para anggota Paspamres terlihat berjaga mulai pintu gerbang hingga berbagai sudut gedung yang menjadi lokasi resepsi 11 Juni mendatang. Hanya orang orang tertentu saja yang diperkenankan masuk ke kompleks gedung. Seperti orang orang yang membawa perlengkapan resepsi. Anggota paspampres juga terlihat membawa dan memasang berbagai perlengkapan terkait pengamanan.

Seperti metal detektor. Di halaman gedung terlihat papan berwarna hitam bertuliskan just married Selvi-Gibran. Juga tengah dipasang tenda serut berwarna putih dan oranye muda. Para wartawan juga sudah tidak diperkenankan masuk ke area gedung.

“Mulai Senin kemarin gedung tidak disewakan karena akan dipakai untuk pernikahan mas Gibran dan mbak selvi,” ungkap Quirinto, Koordinator Media Center pernikahan gibran- Selvi.

Ary wahyu wibowo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3027 seconds (0.1#10.140)