Mercedes Benz Yakin Terus Tumbuh

Sabtu, 06 Juni 2015 - 09:48 WIB
Mercedes Benz Yakin Terus Tumbuh
Mercedes Benz Yakin Terus Tumbuh
A A A
SURABAYA - Mercedes-Benz Indonesia semakin optimistis dalam memasarkan produkproduk terbarunya. Perusahaan asal Jerman itu melakukan ekspansi besar-besaran di Indonesia. Tahun ini, Mercedes- Benz bakal mendirikan cabang di tiga daerah.

Daerah yang dibidik antara lain Bekasi, Malang, dan Palembang. Ekspansi ini dilakukan karena Mercy tidak terpengaruh kondisi perekonomian yang tengah lesu. Justru, Mercedes- Benz menunjukkan geliat penjualan yang selalu naik. Hal ini terbukti dengan pembangunan gedung baru diler resmi Mercedes Benz Surabaya, PT Kedaung Satrya Motor (KSM).

“Tahun ini ekspansi pembangunan cabang akan kami lakukan di Bekasi, Malang, Jawa Timur, dan Palembang,” ungkap Presiden & CEO Mercedes- Benz Indonesia Claus Weidner di sela-sela peresmian diler resmi PT Kedaung Satrya Motor Surabaya, kemarin. Claus mengatakan, secara umum, perekonomian memang sedang lesu.

Akan tetapi, Mercedes Benz tidak merasakan itu. Justru, pertumbuhan mengalami kenaikan di segmen premium. Pertumbuhan ini di pengaruhi dengan kepercayaan kepada masyarakat karena Mercy menyediakan produk dengan kualitas terbaik. Selain itu, Mercedes-Benz juga mengeluarkan varian-varian baru saat kondisi pere-konomian lesu.

Strategi ini membuat penjualan meningkat. Secara total keseluruhan, ada peningkatan penjualan sebesar 5%. “Pada bulan yang sama ada kenaikan 5% dari tahun lalu. Ini capaian yang luar biasa dari tahun-tahun lalu,” kata dia. Masih kata Claus, Mercedes Benz akan bertekad menguasai pasar premium. Namun, Mercy tidak memberikan target secara khusus dalam penjualan kepada diler-diler.

Sistem ini diyakini tidak akan membebani diler dalam penjualan. Imbasnya, banyak diler yang menjual produk dengan sangat baik. “Kami tidak pernah ada target penjualan, tetapi penjualan kami sangat baik. Bahkan di premium kami menguasai pasar hingga 50%,” tutur dia. President Director PT Kedaung Satrya Motor (KSM) Tjipto Adi Hidajatno mengatakan, di Jatim, pertumbuhan penjualan Mercedes Benz menunjukkan tanda-tanda positif.

Apalagi, setelah perpindahan kantor baru, ada kenaikan penjualan sebesar 60% dari bulan-bulan lalu saat berada di kantor lama. “Kantor baru di Citraland menunjukkan penjualan Mercedes Benz sangat baik. Pertumbuhannya hingga 60%,” kata Tjipto. Tjipto menuturkan, pertumbuhan penjualan yang dilakukan karena Mercedes Benz sekarang lebih dekat dengan konsumen yang berada di Surabaya Barat.

Dari analisa yang dilakukan, konsumen Mercy berada di perumahan- perumahan elit. Untuk itu, KSM memberanikan diri untuk mengeluarkan investasi sebesar Rp350 miliar guna membeli lahandanmendirikandilerbaru. Meski demikian, pelayanan terbaik juga diberikan kepada konsumen karena mereka akan memilih diler yang memberikan pelayanan ekstra.

Di diler ini, tersedia kafe khusus untuk konsumen. “Kami yakin bisa memberikan kontribusi penjualan lebih banyak lagi. Lokasi baru ini membuat kami semakin optimis,” ujar dia.

Arief ardliyanto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3735 seconds (0.1#10.140)