BMKG Padang Himbau Warga Tak Cemaskan Gelombang Panas

Kamis, 04 Juni 2015 - 10:29 WIB
BMKG Padang Himbau Warga Tak Cemaskan Gelombang Panas
BMKG Padang Himbau Warga Tak Cemaskan Gelombang Panas
A A A
PADANG - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang mengimbau warga Sumatera Barat (Sumbar) tidak perlu mengkawatirkan gelombang panas seperti di India.

Meski saat ini cuaca di Kota Padang dan daerah lain mencapai 30 sampai 32 derajat celcius, peluang bakal terjadinya tragedi seperti di India sangat kecil.

Menurut Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padang Budi Samiaji letak geografis Indonesia khususnya di Sumbar berbeda dengan India. "Jadi peluangnya sangat kecil sekali," katanya, Kamis (4/6/2015).

Dijelaskan, meski saat ini Sumbar dilanda musim kering dan udara cukup menyengat, bahkan suhu bisa mencapai 34 derajat celcius hingga bulan Juni. "Kondisi ini masih normal, warga tidak perlu mencemaskannya, sebab seluruh Indonesia hampir merata, namun peluang hujan masih juga terjadi," tuturnya.

Budi meminta kepada warga untuk tidak mengaitkan soal gelombang panas yang ada di India, sebab kabupaten dan kota di Sumbar ini dikelilingi bukit dan lautan serta gunun sehingga kelembaban cukup tinggi. Jadi kemungkinan gelombang panas sangat sedikit.

"Karena keuntungan geografis itulah iklim di Sumbar relatif kondusif dan panas ekstrim sangat kecil terjadi," ujarnya.

BKMG se-Indonesia lanjut Budi, sudah rapat koordinasi bahwa gelombang panas di India tidak bergerak ke Indonesia. "Selain itu meski panas, kebakaran hutan tidak terjadi seperti beberapa tahun lalu," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2673 seconds (0.1#10.140)