Lokon Meletus, Warga Tomohon Panik

Rabu, 20 Mei 2015 - 20:40 WIB
Lokon Meletus, Warga Tomohon Panik
Lokon Meletus, Warga Tomohon Panik
A A A
TOMOHON - Letusan Gunung Lokon, pada Rabu siang (20/5/2015) ternyata membuat warga Kota Tomohon terkejut. Sebagian besar warga keluar rumah untuk melihat letusan material vulkanik yang cukup tinggi.

"Memang sempat terdengar letusan dan ada awan hitam yang menjulang ke udara di atas Gunung Lokon, " kata Andi warga setempat Rabu (20/5/2015).

Sementara suasana di Pos Pemantau Gunung Lokon nampak sibuk pasca letusan. Tidak hanya petugas pemantau yang memantau seismograf dan alat sensor lainnya, nampak belasan anggota TNI dan polisi langsung datang saat mengetahui ada letusan. (Baca juga:Lokon Meletus, Tiga Pendaki Nyaris Terpanggang).

Kehadiran anggota TNI dan polisi ini untuk ikut memantau perkembangan letusan Gunung Lokon. Mereka juga mengambil data letusan gunung api tersebut.

Danramil Kota Tomohon, Kapten Infantri Fecky Welang mengatakan, kehadiran anggota TNI ini untuk melaporkan secara berkala kondisi Gunung Lokon.

Menurutnya jika letusan dianggap berbahaya maka TNI akan langsung bereaksi dengan membantu melakukan evakuasi warga.

"Kami ikut memantau kondisi letusan Gunung Lokon dan mengambil tindakan sesuai instruksi pimpinan. Kami siap membantu melakukan evakuasi warga jika letusan dianggap berbahaya," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4952 seconds (0.1#10.140)