Jalan Rusak, Akses Warga Terganggu

Senin, 18 Mei 2015 - 10:59 WIB
Jalan Rusak, Akses Warga...
Jalan Rusak, Akses Warga Terganggu
A A A
KULONPROGO - Ruas jalan Demangrejo–Krembangan yang menghubungkan tiga Kecamatan Panjatan, Lendah, dan Sentolo rusak parah.

Padahal jalan ini menjadi akses vital bagi warga di tiga kecamatan. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki. Tokoh masyarakat Desa Krembangan Suharto mengatakan kerusakan jalan di wilayah ini sudah terjadi sejak satu tahun belakangan. Kondisi tanahnya yang labil menjadikan jalan cepat rusak. Padahal dua tahun lalu jalan ini sempat diperbaiki.

Hanya saja kualitas pekerjaan buruk dan menjadikan jalan cepat rusak. Jalan tersebut, merupakan akses vital bagi warga. Tidak sedikit warga yang memanfaatkan jalur ini untuk ke sekolah, pasar maupun ke pusat pemerintahan. Dengan kondisi jalan yang berlubang menjadikan rawan kecelakaan. Apalagi pada malam hari kondisi sangat gelap. “Warga berharap jalan itu segera diperbaiki, jalan itu sangat vital,” ujar Suharto yang menjadi Ketua Komisi I DPRD Kulonprogo ini.

Menurutnya, pemerintah perlu memperhatikan bangunan infrastruktur pendukung. Belum semua bahu jalan dilengkapi dengan bangket permanen. Akibatnya jalan menjadi labil dan cepat rusak. “Kami sudah sering suarakan itu kepada eksekutif,” ujarnya.

Anggota DPRD asal Lendah, Muridna mengatakan pihaknya juga kerap menerima keluhan dari warga akibat kondisi jala di Jembatan Demangrejo yang ambles. Pengendara dari arah utara yang melintas, rawan terjatuh. Meski begitu dinas sudah melakukan perbaikan tetapi belum maksimal. “Kondisi jalan di Jembatan itu perlu diperbaiki, karena rawan,” katanya.

Hingga kini Bidang Bina Marga DPU belum bisa dikonfirmasi. Kabid Bina Marga Gusdi Hartono yang dikonfirmasi melalui selulernya tidak aktif.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)