Sambut Kedatangan Jokowi, Masyarakat Batu Bersih-bersih

Senin, 18 Mei 2015 - 10:45 WIB
Sambut Kedatangan Jokowi,...
Sambut Kedatangan Jokowi, Masyarakat Batu Bersih-bersih
A A A
BATU - Jelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), semua pejabat Pemkot Batu, TNI dan Polri, tampak sibuk mempersiapkan lokasi yang akan dikunjungi orang nomor satu itu di Indonesia ini.

Tidak terkecuali masyarakat Kota Batu yang sibuk menyiapkan bambu untuk tempat umbulumbul, dan sebagian lain membersihkan halaman rumah masing-masing. Presiden Jokowi direncanakan berkunjung ke Kota Batu, besok lusa. Jokowi akan bertemu warga Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu untuk menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Komandan Korem 083 Baladhika Jaya, Kol ARM Totok Imam S, menuturkan, tidak ada pengamanan khusus. Semua sudah sesuai prosedur tetap. Prinsipnya, anggota TNI dan Polri sudah siap dengan tugasnya masing-masing.

“Insya Allah Presiden akan berkunjung ke Malang dan Batu. Kehadirannya untuk memenuhi janjinya saat berkampanye dulu, yaitu menyerahkan KIS, KIP, dan KKS kepada masyarakat,” ujar Totok saat meninjau lokasi Coban Talun, kemarin sore. Menurut dia, dipilihnya kawasan Coban Talun sebagai lokasi pertemuan Presiden dan masyarakat, agar Presiden tahu jika di Kota Batu masih terdapat kawasan hutan sebagai tempat mencari nafkah bagi masyarakat. “Intinya, TNI dan Polri siap menjaga keamanan Presiden di manapun tempatnya,” ujar dia.

Sementara Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, mengatakan, tidak ada penyambutan khusus bagi Jokowi. Pemkot Batu hanya memperbaiki beberapa titik jalan menuju Coban Talun yang berlubang. Kemudian, pegawai Pemkot Batu bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan parit dan halaman rumah yang kotor. “Presiden ingin mengetahui kawasan Kota Batu yang masih memiliki hutan, termasuk ingin bertatap muka dengan penduduk Desa Tulungrejo yang bekerja di sektor pertanian,” kata Eddy.

Dari pantauan KORAN SINDO JATIM, warga Dusun Wonorejo mulai kemarin sore sudah menyiapkan bambu untuk tempat umbul-umbul. Sebagian lagi mulai membersihkan halaman rumah masing-masing. “Pak Jokowi mau datang ke Talun (Coban Talun). Kami harus siap-siap membersihkan halaman rumah dan parit di tepi jalan agar terlihat rapi,” kata Winarno, warga setempat.

Sementara itu, Kepala Bidang Swadaya Masyarakat pada Dinsosnaker Kota Batu, S Tri Mulyanto, mengungkapkan, Presiden Jokowi akan menyerahkan 220 KIS, KIP, dan KKS kepada warga Desa Tulungrejo. Menurutnya, untuk Kota Batu, jumlah masyarakat yang berhak menerima tiga kartu dari pemerintah pusat itu mencapai 6.229 jiwa.

Maman adi saputro
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2551 seconds (0.1#10.140)