Belum Ada Lonjakan Wisatawan

Jum'at, 15 Mei 2015 - 09:20 WIB
Belum Ada Lonjakan Wisatawan
Belum Ada Lonjakan Wisatawan
A A A
BANTUL - Hari pertama pada libur panjang akhir pekan ini belum terlihat ada lonjakan jumlah wisatawan secara signifikan di sejumlah objek wisata.

Di Pantai Parangtritis dan Pantai De pok misalnya, meskipun banyak wisatawan masuk ke tempat ini, tapi kedua pantai itu masih terlihat lengang. Kepala Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parang tritis, Hery Maryanto mengakui, saat ini belum ada lonjakan jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis ataupun Depok. Hari libur kenaikan Isa Almasih kemarin, jumlah pengunjung ma sih normal. Masih seperti libur an pada akhir pekan biasa - nya. “Masih normal, belum ada lonjakan,” katanya, kemarin.

Dia memperkirakan puncak kenaikan jumlah pengunjung akan terjadi hari Minggu mendatang. Heru memprediksi jum lah pengunjung akan mencapai 50.000 orang atau sama seperti cuti atau libur panjang akhir pekan sebelumnya. “Untuk antisipasi lonjakan tersebut, kami menyiagakan personel lebih banyak,” katanya.

Liburan kali ini juga memberi berkah bagi pedagang atau pemilik rumah makan di kawasan Pantai Depok. Berdasarkan pe nuturan salah satu pemilik res toran, Dardi Nugroho, pada li buran kemarin jumlah pengunjung di tempat usahanya mengalami kenaikan dibanding hari biasa. Namun, kenaikan itu masih normal dan tak ada lonjakan.

“Lumayan ada peningkatan,” katanya. Guna mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung, Tim SAR Parangtritis meningkatkan patroli dan menambah jumlah personel siaga. Khusus di Pa rangtritis ada 27 personel yang disiagakan di sepanjang pantai. Mereka berjaga sejak pagi hingga kawasan pantai bersih atau sepi dari pengunjung. Tim SAR men jaga wisatawan agar tidak tergulung ombak dan terus mem beri imbauan kepada pengunjung agar tidak mandi di laut.

“Tadi (kemarin) sempat ada dua wisatawan yang tergulung ombak. Namun wisatawan dari Sleman tersebut berhasil kami selamatkan,” tutur Sekretaris SAR Pantai Parangtritis, Taufiq Faqih Usman.

Erfanto linangkung
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)