Presiden Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah untuk Warga di Kawasan Danau Toba

Selasa, 30 Juli 2019 - 20:29 WIB
Presiden Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah untuk Warga di Kawasan Danau Toba
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan pada acara pembagian sertifikat tanah bagi warga se kawasan Danau Toba di Kabupaten Samosir,Selasa (30/7/2019).(FotoSindonews/Ricky)
A A A
SAMOSIR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 1.000 sertifikat tanah dan sepeda kepada masyarakar 7 kabupaten se kawasan Danau Toba,Selasa (30/7/2019).

Jokowi mengatakan, dirinya sengaja hadir dan menghitung jumlah sertifikat yang dibagikan. Sebab, dia ingin memastikan sertifikat yang dijanjikan tersebut betul-betul diterima oleh warga, bukan sekadar kegiatan seremonial

"Di Indonesia harusnya 126 juta sertifikat dibagikan ke masyarakat, tapi di 2015 baru 46 juta, jadi masih ada 80 juta tanah-tanah yang belum disertifikat. Dulu sertifikat ini keluarnya hanya 500 ribu, artinya harus tunggu 160 tahun untuk dapat sertifikat. Mau nunggu 160 tahun?" sebut Presiden.

Pemerintah kata Jokowi menargetkan tahun 2025,seluruh bidang tanah di Indonesia sudah bersertifikat.

Presiden Jokowi juga mengatakan, sertifikat tanah adalah bentuk kepastian atas tanah yang dimiliki. Dia mengaku banyak mendapat laporan tentang sengketa tanah, baik antar-warga maupun dengan lembaga, karena bukti atas kepemilikan tanah tidak kuat.

"Semua ini tanda bukti hak atas tanah yang dimiliki. Jika semua sudah pegang, tolong beri plastik lalu difotokopi, ngurusnya mudah kalau rusak," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Jokowi memanggil tiga warga untuk maju ke panggung berdiri bersamanya. Jokowi hendak menanyakan perihal sertifikat tanah yang dimiliki.

Ada tiga warga yang maju, yakni Ramses Simbolon (Dairi), dan Irnauli Siallagan (Samosir), dan Rusman dari Gunung Maligas Kabupaten Simalungun. Jokowi sempat menanyakan kegunaan sertifikat yang dipegang warga tersebut.

Puas bertanya, Jokowi meminta warga itu masing-masing melafalkan isi Pancasila. Permintaan Presiden itu dijawab semua dengan lancar.

"Kalau begitu, silakan ambil sepedanya," kata Jokowi disambut tepuk tangan oleh warga yang hadir.

Tampak hadir Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan,Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto,bupati se kawasan Danau Toba diantaranya Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Bupati Simalungun JR Saragih,Bupati Tobasa ,Darwin Siagian,dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.(ricky hutapea)
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2718 seconds (0.1#10.140)