Cegah Karhutla, Pemprov Sumsel Anggarkan Rp37 Miliar

Rabu, 11 Maret 2020 - 15:38 WIB
Cegah Karhutla, Pemprov Sumsel Anggarkan Rp37 Miliar
Cegah Karhutla, Pemprov Sumsel Anggarkan Rp37 Miliar. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Pemprov Sumsel menyiapkan anggaran sebesar Rp37 miliar untuk dibagikan ke sejumlah daerah di Sumsel yang dinilai rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, anggaran tersebut telah tersedia di APBD 2020. "Kabupaten/kota yang rawan karhutla silahkan mengajukan bantuan, disiapkan Rp5 miliar bagi setiap daerah untuk pencegahan karhutla," ujarnya, Rabu (11/03/2020).

Deru menjelaskan, bantuan tersebut diperuntukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pencegahan karhutla hingga pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan gambut. "Nanti sebelum diberikan tentunya akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu," lanjutnya.

Sumsel memiliki lahan gambut seluas 1,27 juta hektare yang tersebar di 7 kabupaten seperti Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Musi Rawas, Muara Enim, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Dijelaskan Deru, hingga saat ini pihaknya telah membentuk tim terpadu pencegahan dan pengendalian karhutla yang terdiri dari tujuh kelompok kerja (pokja).

"Pokja itu menyasar berbagai bidang, mulai dari deteksi dini, pemberdayaan masyarakat, patroli pencegahan hingga evaluasi," tandasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8238 seconds (0.1#10.140)