SIM Delivery Kini Bisa Antar Sampai ke Rumah Pemohon

Senin, 06 Agustus 2018 - 14:58 WIB
SIM Delivery Kini Bisa Antar Sampai ke Rumah Pemohon
SIM Delivery Kini Bisa Antar Sampai ke Rumah Pemohon
A A A
SURABAYA - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Surabaya meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Delivery yang dapat diantar ke rumah pemohon.

Dengan layanan ini, petugas akan mengantarkan SIM ke rumah pemohon. Layanan ini melengkapi layanan yang sudah ada seperti SIM keliling, SIM di pusat perbelanjaan, serta Polres Sobo Kelurahan.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan menjelaskan, SIM Delivery ini dilatarbelakangi sibuknya masyarakat pemohon SIM yang menilai menunggu lama ketika mengurus SIM.

Sebelumnya, pemohon harus tetap mengikuti prosedur pembuatan SIM. Antara lain, mengikuti semua tes, baik teori maupun praktik. “Ketika sudah selesai dan dinyatakan lulus, pemohon dapat meninggalkan Satpas Colombo untuk melanjutkan aktifitasnya. Nanti, petugas akan mengirim SIM yang sudah jadi ke rumah pemohon,” katanya, Senin (6/8/2018).

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1993 menyatakan, pemohon SIM begitu menghargai waktu. Berdasarkan wawancara beberapa kali oleh Satlantas pada masyarakat, mereka tidak memiliki waktu untuk menurus SIM.

Dari sana, pihaknya melakukan evaluasi. Akhirnya muncul terobosan dengan membuat layanan jasa pengiriman SIM. Mobilitas masyarakat yang kian tinggi, terkadang membuatnya memiliki waktu yang sedikit untuk mengurus surat surat, termasuk SIM.

“Pengantaran SIM ke alamat pemohon tidak dipungut biaya alias gratis. Petugas siap mengantar SIM ke seluruh wilayah se-Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia menambahkan, layanan SIM Delivery dilaksanakan mulai Senin, hari ini. Pemohon SIM dapat memanfaatkan layanan ini dengan melapor ke petugas.

Layanan ini bisa dilakukan ketika pemohon dinyatakan lulus dan membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Kami berharap dengan layanan ini masyarakat semakin mendapat kemudahan. Kami akan terus berinovasi dengan membuat program-program yang menyesuaikan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8151 seconds (0.1#10.140)