Jumlah Notaris di Jatim Melonjak Tajam

Kamis, 19 September 2019 - 12:04 WIB
Jumlah Notaris di Jatim Melonjak Tajam
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati (tengah) saat Focus Group Discussion (FGD) Pemanfaatan Media Elektronik dalam Pengawasan Notaris. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Sejak 2017 hingga 2019, sebanyak 733 notaris diperiksa Majelis Kehormatan Notaris (MKN) Wilayah Jatim.

Dari jumlah itu, 14 notaris dinyatakan tersangkut tindak pidana. Baik yang masih proses penyidikan, sidang maupun banding hingga kasasi. Tahun ini, 6 notaris akan ditutup akunnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati saat Focus Group Discussion (FGD) Pemanfaatan Media Elektronik dalam Pengawasan Notaris hari ini, Kamis (19/9/2019).

Menurut dia, banyaknya notaris di Jatim membuat pengawasan yang dilakukan belum optimal. "Untuk itu, kami akan meningkatkan peran pengawasan dengan berbasis aplikasi online," kata Susy.

Susy mengungkapkan, peningkatan jumlah notaris di Jatim cukup luar biasa. Sejak 2017, setidaknya ada 300 notaris baru yang dilantik. Saat ini di Jatim jumlah notaris sudah sebanyak 2.191. “Namun, persebarannya tidak merata. Sehingga menyulitkan kami untuk melakukan pengawasan,” ujar dia.

Susy menegaskan, pihaknya tidak main-main dalam melakukan pengawasan terhadap notaris. Menurutnya, sudah ada pergeseran perilaku pelanggaran. Dari yang awalnya hanya sebatas melanggar kode etik menjadi tindakan pidana. “Kami berharap notaris bisa mendukung program pemerintah. Salah satunya dengan mulai menggunakan TI dalam menjalankan tugas dan fungsi,” kata dia.

Termasuk dalam memanfaatkan aplikasi berbasis media elektronik yang diciptakan Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim. Dengan begitu, pengawasan akan lebih mudah. Dan pihaknya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. “Ketika notaris itu patuh, maka akan mendongkrak indeks easy doing business di Indonesia dan khususnya Jatim,” pungkas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1988 seconds (0.1#10.140)