UIN Yogyakarta Terima 239 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN

Kamis, 09 April 2020 - 08:30 WIB
UIN Yogyakarta Terima 239 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengumumkan menerima 239 calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 melalui jalur (SNMPTN). FOTO/DOK.UIN SUNAN KALIJAGA
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengumumkan menerima 239 calon mahasiswa baru (Camaba) tahun akademik 2020/2021 melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri(SNMPTN), Rabu (8/4/2020) malam. Jumlah itu terdiri dari 83 camaba Saintek dan 156 camaba Soshum.Mereka yang dinyatakan lolos dari hasil seleksi dari 4.050 pendaftar. Jumlah pendaftar meningkat dari tahun lalu yang hanya 3.286 orang.

"Peserta yang dinyatakan lolos setelah melalui sistem seleksi dan evaluasi menggunakan nilai SMA/MA/SMK sejak semester pertama beserta prestasi akademik dan non-akademik. Sehingga calon mahasiswa yang terpilih adalah mereka yang benar-benar unggul dan memiliki bakat," kata Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Aulia Faqih Rifa'i dalam rilisnya yang diterima, Rabu (8/4/2020) malam.

Aulia menjelaskan, untuk kelompok program studi saintek, peminat terbanyak berasal dari Prodi Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Pendidikan Matematika. Sedangkan untuk Soshum, peminat terbanyak adalah Prodi Psikologi, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Perpustakaan.

Sekretaris Admisi UIN Sunan Kalijaga, Fitriana Firdausi mengatakan, peserta yang lolos SNMPTN 2020 wajib melakukan pengisian data profil mahasiswa secara online melalui laman dataprofil.uin-suka.ac.id. Mereka diminta untuk mengisi biodata serta mengunggah dokumen yang disyaratkan, mulai 9-20 April 2020 pukul
24.00 WIB.

"Peserta yang diterima tersebut wajib mengikuti verifikasi data profil, nilai rapor, dan dokumen asli secara online pada tanggal 22-23 April 2020. Petugas Admisi akan melakukan panggilan telepon melalui nomor WhatsApp yang telah di-input-kan oleh calon mahasiswa pada laman dataprofil.uin-suka.ac.id,” katanya.

Fitriana Firdausi menegaskan, data yang di-upload harus benar-benar sesuai fakta dan merupakan berkas asli dan bukan salinan. Dari hasil data yang diunggah dan sudah diverifikasi akan diumumkan bersamaandengan pengelompokan besaran uang kuliah tunggal (UKT) pada 30 April 2019 di laman http://admisi.uin-suka.ac.id/.

"Perlu diperhatikan bahwa meski telah lolos SNMPTN, tapi calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lolos verifikasi dan validasi data akan tetap dinyatakan gugur," katanya.

Fitriana menambahkan, selain jalur SNMPTN, masuk UIN Sunan Kalijaga juga bisa melalui jalur UTBK/SBMPTN dan ujian mandiri (UM) PTKIN. Jalur UTBK/SBMPTN dan UM PTKIN mengikuti jadwal nasional yang ditetapkan oleh LTMPT dan PTKIN.

Untuk Jalur Mandiri, dimungkinkan mengalami perubahan sebagai imbas dari adanya perubahan jadwal keduaJalur Nasional tersebut. Namun hal tersebut masih didiskusikan dan dirapatkan oleh pihak-pihak terkait."Calon Mahasiswa yang berencana mendaftar melalui Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diminta untuk sering memantau social media resmi di Facebook/Instagram @uinsk serta di laman resmi admisi dihttps://admisi.uin-suka.ac.id/," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0218 seconds (0.1#10.140)