Warga Guwosari Desak UIN Sunan Kalijaga Lunasi Pembayaran Tanah

Rabu, 17 Juni 2020 - 19:18 WIB
loading...
Warga Guwosari Desak UIN Sunan Kalijaga Lunasi Pembayaran Tanah
Warga Gowosari, Pajangan, Bantul yang tanahnya akan digunakan untuk kampusmelakukan audiensi dengan UIN Sunan Kalijaga, Rabu (17/6/2020). Foto : Ist
A A A
YOGYAKARTA - Warga Guwosari, Panjangan, Bantul mendatangi kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta , Rabu (17/6/2020). Mereka mendesak UIN Sunan Kalijaga segera melunasi pembayaran pembebasan tanah milik warga.Padahal uang itu sangat dibutuhkan oleh warga.

Tanah warga itu nantinya akan digunaka UIN Sunan Kalijaga untuk pengenbangan kampus baru. Lahan yang dibebaskan milik 50 warga Guwosari. “Kami mendesak agar UIN Sunan Kalijaga melunasi pembayaran tanah. Karena uang tersebut dibutuhkan oleh warga untuk kehidupan sehari-hari,” kata perwakilan warga Gowosari, Dalijan.

Dalijan dalam kesempatan itu juga meminta Presiden untuk membantu dalam penyelesaian pelunasan tanah tersebut, baik lewat staf atau menteri-menteri yang terkait dalam pengadaan tanah untuk kampus baru UIN Sunan Kalijaga tersebut. "Sehingga nantinya kehidupan di Guwosari bisa terangkat ekonomi, sosial dan pendidikannya,” tandasnya.

Plt Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr Phil Sahiron MA menjelaskan untuk kampus baru UIN tersebut akan membebaskan lahan seluar 481.676 bidang dengan anggaran Rp369, 8 miliar. (Baca juga : UAD Kembangkang Alat Disinfektan untuk Basmi COVID-19 )

Dari jumlah itu yang sudah dibayarkan Rp220,3 miliar sehingga masih kurang Rp149, 5 miliar. Untuk kekurangnya sudah mengajukan anggaran ke Kementerian Agama (Kemenag) dan berharap tahun ini bisa menyelelesaikan kekurangnya.

“Kami sudah mengajukan anggaran ke Kementerian Agama agar segera bisa membantu menyelesaikan pembayaran ganti rugi di tahun ini. Kalau tidak terbayar sampai tanggal 8 Februari 2021, maka kita harus mengajukan Izin Penetapan Lokasi (IPL) baru dan nanti harganya untuk ganti rugi lahan lebih mahal lagi,” terangnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4357 seconds (0.1#10.140)