Keluarga Endus Sesuatu Tak Wajar, Makam Warga Pekalongan Dibongkar

Jum'at, 20 Maret 2020 - 19:17 WIB
Keluarga Endus Sesuatu Tak Wajar, Makam Warga Pekalongan Dibongkar
Warga berkerumun melihat pembongkaran makam oleh polisi di TPU Beji Jalan Kusuma Bangsa Pekalongan Utara, Jumat (20/3/2020). FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO
A A A
PEKALONGAN - Sebuah makam di TPU Beji Jalan Kusuma Bangsa Pekalongan Utara, Kota Pekalongan dibongkar, Jumat (20/3/2020) siang. Keluarga menganggap kematian Minhadi (28), warga setempat, tidak wajar.

Kasat Reskrim Polres Pekalongan Kota AKP Maryoto mengatakan, pembongkaran makam yang melibatkan tim DVI Labfor Polda Jateng dan Polres Pekalongan Kota merupakan permintaan dari keluarga. Keluarga menyebutkan, jasad Minhadi yang ditemukan di Sungai Cemoro Sewu, Slamaran dalam kondisi telanjang dan ada luka di wajah serta lebam di mata.

"Pembongkaran makam dilakukan karena pihak keluarga meminta autopsi. Kematian Minhadi (28) yang jasadnya ditemukan di sungai, Kamis (12/3/2020), dianggap tidak wajar, sehingga kita autopsi," katanya.

Setelah makam digali, petugas langsung melakukan autopsi di lokasi pembongkaran. Selanjutnya, jenazah Minhadi kembali dikubur di lokasi yang sama. Agar tidak terlihat oleh masyarakat, pihak kepolisian memasang tratak di sekitar makam kemudian ditutupi kain di semua sisi, selama proses autopsi berlangsung.

Proses pembongkaran, autopsi hingga penguburan kembali berlangsung sekitar 3 jam. Autopsi dilakukan oleh Tim Forensik dari Dokkes Polda Jateng yang dipimpin oleh AKBP Ratna Relawati didampingi tim Inafis, tim dari Urkes dan Reskrim Polres Pekalongan Kota.

"Hasil autopsi masih diperiksa oleh tim Labfor DVI Polda Jateng. Butuh waktu seminggu untuk mengetahui penyebab kematian korban. Kami juga sudah meminta keterangan sejumkah saksi dan mengumpulkan barang bukti," kata Kasat Reskrim.

Selama proses itu berlangsung, puluhan warga terlihat berkerumun di sekitar lokasi. Namun, semua tidak bisa mendekat karena polisi memasang garis polisi (police line) yang mengitari lokasi pembongkaran.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2859 seconds (0.1#10.140)